Mohon tunggu...
Pringadi Abdi Surya
Pringadi Abdi Surya Mohon Tunggu... Pejalan kreatif

Lahir di Palembang. Menulis puisi, cerpen, dan novel. Instagram @pringadisurya. Catatan pribadi http://catatanpringadi.com Instagramnya @pringadisurya dan Twitter @pringadi_as

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan Pilihan

4 Hal yang Perlu Dibeli Menjelang Lebaran

7 Mei 2021   21:15 Diperbarui: 7 Mei 2021   21:27 316 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
4 Hal yang Perlu Dibeli Menjelang Lebaran
Hadiah Lebaran. Sumber: Bp-guide.com

Lebaran sebentar lagi. Tunjangan Hari Raya bagi PNS pun sudah masuk ke dalam saku. Dana yang disiapkan untuk pencairan THR adalah Rp30,8 triliun, meliputi Rp7 triliun untuk ASN pusat yang berada di Kementerian/Lembaga (K/L) dan Rp 14,8 triliun untuk ASN daerah dan juga PPPK. Sementara itu, THR untuk pensiunan telah disiapkan sebesar Rp9 triliun. Jumlah yang tidak sedikit di tengah pandemi. Ada harapan terselip dalam pencairan THR tersebut, yaitu agar digunakan untuk belanja. Sebab, THR tersebut diharapkan jadi salah satu faktor pendorong konsumsi terutama kelas menengah dan juga bantu akselerasi pemulihan ekonomi.

Apa saja yang harus dibeli untuk lebaran?

Etalase Zane. Shopee
Etalase Zane. Shopee
Pertama, baju baru. Bisa dibilang, keluargaku hanya membeli baju baru yang bagus menjelang lebaran. Barangkali sudah terdoktrin dengan lagu anak, baju baru alhamdulillah, tuk dipakai di hari raya. Untungnya, dalam beberapa tahun terakhir, baju baru yang biasanya sarimbit untuk keluarga sudah dipesan sejak awal Ramadan. Istriku sendiri adalah penjual baju online. Urusan beli-membeli baju, kuserahkan padanya. Aku tinggal pakai saja. Kalau teman-teman mau memesan baju (kebanyakan busana muslimah dan pernak-perniknya) bisa ke Toko Etalase Zane. Modelnya bagus, harganya terjangkau.

Kedua, pesan kue lebaran. Sebagai pencinta kue nastar, tentu saja aku akan memesannya. Nah, kebetulan, calon adik ipar juga jualan kue di Bogor. Pre order untuk kue-kue kering. Kue putri salju, kue mawar, dll.

Kalau di rumah orang tua di Palembang, bukan cume kue kering saja yang dipesan. Bisa dibilang, Palembang adalah surganya kue basah yang kebanyakan muncul saat lebaran. Seperti kutulis di blogku, setidaknya ada 5 kue khas Palembang yang terkenal. Ada maksubah,  kue lapis khas Palembang yang disajikan hanya pada acara-acara khusus. Menghidangkan maksubah dianggap sebagai bentuk penghormatan kepada tamu. Maksubah juga lazim disajikan oleh pengantin kepada orang tua dan mertuanya. Pada saat lebaran, terutama pengantin baru, kue maksubah menjadi antaran wajib ke rumah orang tua-mertua mereka. Ada engkak ketan, bolu kojo, kue 8 jam, dan lapis legit Palembang.

Jasa bersih-bersih. Sumber: Bisnis.com
Jasa bersih-bersih. Sumber: Bisnis.com
Ketiga, belanja jasa bersih-bersih. Nah, Idulfitri disebut juga sebagai hari yang suci, pembersihan diri. Karena itu perlu diperkuat dengan perlambang bersih-bersih rumah, bersih-bersih taman, dan karena tenaga yang terbatas, kami bayar jasa. Mulai dari cuci AC, ngevakum kasur dan sofa, memangkas rumput, atau sekadang mencuci dan menyetrika baju.

Keempat, belanja hadiah buat orang terkasih. Nah, tak kalah pentingnya adalah kita memberi hadiah ke orang-orang yang kita sayang. Bisa ke orang tua (belikan kado baju atau sarung), ke istri tercinta (belikan bunga atau perhiasan), ke anak-anak (mainan dan permainan edukatif). Apa saja yang bisa dianggap bermakna dan menunjukkan kasih sayang ke orang-orang terdekat kita.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x