Mohon tunggu...
Pringadi Abdi Surya
Pringadi Abdi Surya Mohon Tunggu... Pejalan kreatif

Lahir di Palembang. Menulis puisi, cerpen, dan novel. Instagram @pringadisurya. Catatan pribadi http://catatanpringadi.com Instagramnya @pringadisurya dan Twitter @pringadi_as

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Rantang-rantang Kebersamaan

16 April 2021   20:22 Diperbarui: 16 April 2021   20:34 478 7 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Rantang-rantang Kebersamaan
Sumber: Catatan Efi

Rantang-rantang disusun rapi. Sudah siap diantar ke rumah Pakde dan Bukde. Isinya ada ayam, bihun, telor, ikan asin, dan urap. 

Aku selalu antusias untuk turut serta mengantarnya. Tradisi mengantar makanan menyambut bulan Ramadan itu terjalin di keluarga besar kami. Yang muda akan mengantar ke yang tua.

Tradisi ini ternyata ada di berbagai daerah. Bukan cuma di Palembang. Di Jawa Barat namanya Munggahan. Di Jawa Tengah dan sekitarnya juga ada. Istriku yang orang Minang juga mengatakan di kampung halamannya juga masih ada tradisi ini. Rendang yang jadi menu utamanya. Namanya marandang. Tradisi mengantarnya disebut manjalang mintuo, manjalang induk bako.

Dan bukan hanya menyambut Ramadan, menjelang Idulfitri juga tradisi ini berjalan. Yang berbeda hanyalah menunya. Biasanya kalau menjelang idulfitri, ada kue-kue seperti bolu di dalamnya. Di kampung istriku, ada lemangnya. Namanya malamang.

Ramadan selalu berkesan bukan hanya karena menjadi bulan ibadah kepada Allah. Banyak kebaikan kepada sesama ditumbuhsuburkan. Dan yang paling jamak adalah berbagi makanan.

Hari ini di Serang viral adegan sebuah rumah makan kecil digrebeg satpol PP. Dua orang "tertangkap basah" sedang makan siang di sana. Magic Com milik penjual disita sebagai barang bukti. Lucu sekali.

Lucu, karena bertentangan dengan prinsip Ramadan itu sendiri. Terlebih, peristiwa ini menunjukkan wajah penguasa sebagai wajah fasis yang tidak berarti di hadapan kapitalis. Beraninya hanya di warung-warung kecil. Sementara hampir tidak pernah kita dengar peristiwa serupa terjadi di restoran-restoran mahal.

Sangat jauh dari kenangan yang ada di masa kecilku. Berpuasa bukan berarti minta dihormati karena berpuasa dengan melarang orang lain untuk tidak berpuasa. Lagi pula ayat tentang puasa adalah ayat yang khos, dimulai dengan frasa "Hai orang-orang yang beriman"bukan "Hai manusia"atau pun "Hai muslim". 

Rantang-rantang tadi (dalam berbagai nama) memang secara khusus ditujukan kepada saudara (keluarga besar). Namun, ada rantang-rantang lain yang juga dibagikan ke tetangga tanpa memandang apa agamanya, berpuasa atau tidak ia.

Seperti hari puasa pertama, seorang tetangga memberi kami pie cokelat. Menerima itu, kami membalas dengan mengantar buah melon kepadanya. 

Dulu, di kampungku, hal itu jamak dilakukan. Antar tetangga saling memberi bukaan juga.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x