Mohon tunggu...
Pringadi Abdi Surya
Pringadi Abdi Surya Mohon Tunggu... Pejalan kreatif

Lahir di Palembang. Menulis puisi, cerpen, dan novel. Instagram @pringadisurya. Catatan pribadi http://catatanpringadi.com Instagramnya @pringadisurya dan Twitter @pringadi_as

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

End Game Pandemic: Sistem Kesehatan Indonesia Mulai Kolaps?

12 Agustus 2020   09:00 Diperbarui: 12 Agustus 2020   08:57 237 6 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
End Game Pandemic: Sistem Kesehatan Indonesia Mulai Kolaps?
Sumber: Detikflash

Sudah Agustus. Tanda-tanda grafik penambahan pasien Covid-19 terkonfirmasi masih belum mulai nampak. Lebih dari 120.000 orang sudah, tetapi hebatnya, semakin banyak angka itu bertambah, banyak orang semakin tampak tidak peduli.

Indonesia bahkan disebut-sebut media asing senagai pengecualian. Pengecualian, karena di kala banyak negara sudah mulai bisa mengendalikan laju Covid-19, Indonesia justru tidak terlihat betul-betul serius mengendalikannya. Filipina menyindir Indonesia dari skala tes. Pandu Riono gemas dengan alur berpikir penanganan yang belum sigap.

Jawaban Kemenkes atas sindiran Filipina malah mengentengkan masalah. Banyaknya tes tak menjamin berhenti penularan Covid-19. Memang benar sih, tapi jumlah tes dapat mencegah orang bergerak menyebarkan virus 

Di luar itu, ada juga yang beranggapan bahwa sekarang Indonesia sudah masuk fase End Game Pandemic. Mirip judul Avengers.

Sayangnya, dalam End Game yang ini, siapa superheronya? 

End Game Pancemic berarti sistem kesehatan Indonesia mulai kolaps. Dokter-dokter berutumbangan. Rumah sakit mulai tutup karena tak mampu menampung pasien. Atau ya setidaknya fasilitas kesehatan tutup sementara karena ada kasus yang terlewat terjadi di sana.

Tangkapan layar Instagram tinni_et
Tangkapan layar Instagram tinni_et
Klaster-klaster di fasilitas kesehatan itu bukan masalah remeh. Dari Pandemic Talks angka-angka itu bisa disaksikan dalam gambar di bawah ini.

Sumber: Pandemic Talks
Sumber: Pandemic Talks
Sumber: Pandemic Talks
Sumber: Pandemic Talks
Jumlah tenaga kesehatan yang terkonfirmasi kena virus ini pun banyak sekali. 

Occupancy Rate di rumah sakit di Indonesia pun sudah mengkhawatirkan. 40,2% tempat tidur untuk pasien Covid-19  menyisakan hanya sekitar 22 ribu tempat tidur untuk pasien lain. Bagaimana 22 ribu tempat tidur itu dapat menangani 200 juta penduduk?

Ya, tidak tahu kapan berakhir dan bagaimana akhirnya. Sakit di masa pandemi, sakit apapun, adalah kerugian. Sebab, ke rumah sakit sekarang lebih mengerikan daripada ke pasar.

Ah, semoga saja Tito benar, virusnya akan melemah sendiri.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x