Mohon tunggu...
Pringadi Abdi Surya
Pringadi Abdi Surya Mohon Tunggu... Pejalan kreatif

Lahir di Palembang. Menulis puisi, cerpen, dan novel. Instagram @pringadisurya. Catatan pribadi http://catatanpringadi.com Instagramnya @pringadisurya dan Twitter @pringadi_as

Selanjutnya

Tutup

Kisahuntukramadan Pilihan

Desa Hantu dan Persoalan Menyeberang Jalan

23 Mei 2020   20:45 Diperbarui: 23 Mei 2020   20:40 19 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Desa Hantu dan Persoalan Menyeberang Jalan
Pantai Labuhan di Sumbawa. Dokpri.

Hilal telah tampak. Di aplikasi Whatsapp, mulai banyak bermunculan ucapan selamat idulfitri. Beberapa dari temanku di Adventurous Sumbawa. Rindu menyergap. Teringat perjalanan ke Brang Bako.

Saat perjalanan menuju Brang Bako, aku menemukan sebuah fenomena aneh. Dalam lima belas menit terakhir, setidaknya kami berpapasan dengan lima belos ekor ayam yang sedang menyeberang jalan. 

Aku bertanya kepada rekanku yang mengendarai motor. Namanya Randal Patisamba. Asli Sumbawa. "Bang, kenapa dengan ayam-ayam itu?"

Randal tidak langsung menjawab. Dia seperti sedang mengumpulkan kata agar dapat memberikan jawaban yang tepat.

Namun, sebelum kuberi tahu jawaban Randal, ada baiknya kuceritakan dulu soal perjalanan ini.

Ya, perjalanan ke Brang Bako ini menjadi agenda komunitas kami, Adventurous Sumbawa. Aku sendiri di sela-sela kesibukanku sebagai ujung tombak pencairan dana, suka jalan-jalan. Aku tidak ingin kehidupanku seperti kebanyakan kehidupan pegawai yang hanya berkisar di kantor, kantin, dan rumah dinas.

Brang Bako terletak di ujung selatan Empang. Satu jam perjalanan dari Desa Jotang. 

Aku agak familiar dengan nama-nama desa di Sumbawa itu sebab sering aku baca di dokumen Surat Perintah Membayar. Program cetak sawah. Dana Desa. Banyak program Pemerintah lain yang juga dicairkan di wilayah pembayaran KPPN Sumbawa Besar. 

"Ada apa di Brang Bako?" 

Itu yang menjadi pertanyaanku tatkala kumpul-kumpul malam itu---malam ketika Randal Patisamba menyampaikan destinasi kami selanjutnya.

"Tidak ada apa-apa," jawab Randal.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
VIDEO PILIHAN