Mohon tunggu...
Himam Miladi
Himam Miladi Mohon Tunggu... Penulis - Penulis

Penulis Konten | warungwisata.com | Email : himammiladi@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Artikel Utama

Silakan Meniru 3 Kebiasaan Mikro Berikut Ini untuk Hidup yang Lebih Baik

18 Januari 2022   07:17 Diperbarui: 26 Januari 2022   04:46 1297
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sejak tahun lalu, saya selalu menerapkan kebiasaan mikro baru. Dan syukur alhamdulillah, saya merasa kehidupan saya jauh lebih baik (istockphoto.com/LightFieldStudios)

Mulai Awal Tahun dengan Micro Habits yang Bermanfaat

Hampir setiap orang (yang peduli dengan pengembangan dirinya) memulai awal tahun dengan kata yang paling populer: resolusi.

Saya pribadi menganggap resolusi untuk memulai kebiasaan baru di awal setiap tahun adalah kesalahan.

Mengapa?

Karena sebagian besar orang yang mencanangkan resolusi pada akhirnya menyerah dan gagal mencapai tujuan akhir resolusinya tersebut.

Kegagalan resolusi ini sebagian besar terletak pada kesalahan individu yang meremehkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuang kebiasaan jelek dan menggantinya dengan kebiasaan baru yang mendukung resolusi tersebut.

Itu sebabnya, alih-alih mencanangkan resolusi, saya lebih suka menyebutnya Goals with Intention. Dan, untuk mencapai Tujuan dengan Niat tersebut, saya mengikuti pendekatan yang paling mudah, yakni dengan mencoba sebanyak mungkin kebiasaan kecil (micro habit) yang bermanfaat bagi saya.

Pertama-tama, mari kita definisikan apa itu kebiasaan mikro.  Tanpa menggunakan bahasa ilmiah, bagi saya kebiasaan mikro adalah kebiasaan yang:

  • Tidak mengambil banyak waktu
  • Tidak menghabiskan banyak energi

"Ketika Anda memulai kebiasaan baru, dibutuhkan waktu kurang dari dua menit untuk melakukannya." ---James Clear

Sejak pertengahan tahun lalu, saya selalu menerapkan kebiasaan mikro baru. Dan syukur alhamdulillah, saya merasa kehidupan saya jauh lebih baik daripada sebelumnya. Kebiasaan kecil ini berkisar dari nutrisi hingga kesehatan mental.

Silahkan meniru micro habit yang telah saya lakukan, dan bisa kamu terapkan di awal tahun 2022 ini:

Bersyukur Saat Bangun Tidur

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun