Mohon tunggu...
Himam Miladi
Himam Miladi Mohon Tunggu... Penulis - Penulis

Penulis Konten | warungwisata.com | Email : himammiladi@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Menjadi Guru TK Itu Menantang Sekaligus Menyenangkan

12 September 2021   07:55 Diperbarui: 12 September 2021   10:33 1625
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tantangan sesungguhnya bagi guru TK adalah bagaimana menghadapi berbagai macam tipe dan karakter anak dalam satu sesi pembelajaran (Dokumentasi pribadi)

Bapak kok Bisa Jadi Guru TK?

Bahkan, istri, anak dan saudara-saudara saya sampai sekarang masih belum percaya kalau saya sekarang menjadi guru Taman Kanak-kanak!

"Kok bisa sih Mas Himam jadi guru TK?" tanya adik saya.

"Embuh lah Yan. Buktinya sekarang setiap pagi Mas Himam mengajar di TK, hehehe," jawab istri saya.

Ya, sejak awal tahun ajaran baru 2021-2022, saya resmi dipinang menjadi guru di Taman Kanak-kanak di komplek rumahku. Saya diminta membantu mengajar materi pelajaran agama Islam dan mengaji.

Sebelumnya, materi agama Islam dan mengaji di TK tersebut diajarkan oleh satu guru, yang usianya pun sudah cukup lanjut dan akan memasuki masa pensiun. Seiring bertambahnya murid baru, Bu Heny, guru agama Islam di TK merasa kewalahan.

Pengurus sekolah akhirnya meminta persetujuan yayasan untuk menambah guru baru guna menutupi kekurangan tenaga pengajar khusus agama dan mengaji. Setelah melalui beberapa pertimbangan, pengurus sekolah lalu melamar saya untuk menjadi guru TK.

Ini memang di luar kebiasaan. Kebanyakan guru Taman Kanak-kanak adalah kaum perempuan, yang punya jiwa keibuan. Lha, saya kan berjiwa kebapakan?

"Justru itu," kata Bu Ning, kepala Taman Kanak-kanak menjawab pertanyaan saya. "Kami memang sengaja melamar Pak Himam biar seimbang. Anak-anak akan mendapat bimbingan dari guru-guru perempuan sebagai pengganti ibu, sekaligus mendapat bimbingan dari guru laki-laki sebagai pengganti ayah mereka."

"Kebetulan nama Pak Himam direkomendasikan Bu Heny sendiri, karena sudah berpengalaman mengajar anak-anak mengaji di TPQ," lanjut Bu Ning.

Begitulah. Tanpa gelar akademik Sarjana Pendidikan, saya pun resmi menyandang profesi sebagai guru TK. 

Anak-anak TK Butuh Pembelajaran Tatap Muka

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun