Mohon tunggu...
Himam Miladi
Himam Miladi Mohon Tunggu... Penulis

Penulis Konten | warungwisata.com | Email : himammiladi@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

9 Tanda Kamu Punya Ketahanan Psikologis dalam Menghadapi Krisis

18 Mei 2021   07:50 Diperbarui: 23 Mei 2021   14:00 1233 19 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
9 Tanda Kamu Punya Ketahanan Psikologis dalam Menghadapi Krisis
ilustrasi mengalami masalah psikologis. (sumber: thinkstock via kompas.com)

Tidak semua orang bisa menghadapi kerasnya hidup ini dengan ketahanan psikologis yang kuat. Tidak peduli bagaimana kehidupan seseorang dipengaruhi, setiap orang menemukan cara mereka sendiri untuk memperbaiki dan mengelola krisis kehidupan yang dialaminya.

Ketika krisis mulai mereda, kita mengevaluasi kembali bagaimana cara kita merespons dan apa yang harus dilakukan untuk maju. Kebiasaan apa yang harus dijaga? Dan mana yang perlu dibuang?

Kita berpikir tentang apa yang penting. Kita fokus pada apa yang paling penting. Kebanyakan kita mulai membuang kebiasaan lama yang dianggap menjadi penghalang selama krisis yang terjadi dan mulai membangun kebiasaan baru yang lebih sesuai.

Cara kita menangani krisis adalah ujian bagi karakter dan kepribadian kita. Beberapa orang sudah siap menghadapi kesulitan yang akan datang, sementara yang lain terlambat mengambil pelajaran.

Orang yang siap menghadapi krisis adalah orang yang tangguh secara mental atau memiliki ketahanan psikologis. Ini bukan sifat bawaan yang diwariskan, melainkan bisa kita bentuk seiring waktu yang berjalan dan kerja keras yang menyertainya.

Sederhananya, ketahanan psikologis adalah kemampuan seseorang untuk bangkit kembali dan pulih dari keterpurukan, kemunduran, tantangan, dan kesulitan. Ketahanan psikologis adalah keterampilah hidup yang dapat kita kembangkan dari waktu ke waktu.

Ciri umum orang yang memiliki ketahanan psikologis bisa kita lihat dari orang-orang yang pernah mengalami krisis hidup berat dalam jangka waktu yang lama. Mungkin kita pernah mendengar ada penduduk desa di pelosok yang harus berjalan kaki 10 kilometer hanya untuk mendapatkan seember air. 

Mungkin kita pernah mendengar perjuangan para buruh tambang belerang di Gunung Ijen yang harus naik turun sejaruh 3 kilometer dan memikul beban seberat 50 kilo, hanya untuk mendapatkan penghasilan sebesar 50 ribu rupiah. 

Orang-orang ini tidak akan menyerah ketika menghadapi kegagalan. Mereka ini akan bangkit dan melawan ketika krisis kehidupan melanda mereka. Ini benar, namun yang mereka miliki bukan jenis ketahanan psikologis yang akan kita bahas. 

Ketahanan psikologis adalah kemampuan seseorang untuk bangkit kembali dan pulih dari keterpurukan dan kesulitan (ilustrasi diolah pribadi)
Ketahanan psikologis adalah kemampuan seseorang untuk bangkit kembali dan pulih dari keterpurukan dan kesulitan (ilustrasi diolah pribadi)

9 Tanda Ketahanan Psikologis

Orang yang tangguh secara psikologis memiliki banyak karakterisik, di antaranya adalah:

Mengejar Tujuan Hidup dengan Gairah

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN