Mohon tunggu...
Himam Miladi
Himam Miladi Mohon Tunggu... Penulis

Penulis Konten | warungwisata.com | Email : himammiladi@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Asal-usul Bani Israil, Bangsa Israel dan Kaum Yahudi

16 Mei 2021   19:33 Diperbarui: 16 Mei 2021   19:33 707 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Asal-usul Bani Israil, Bangsa Israel dan Kaum Yahudi
Dari akar kata Yahudza/Yehuda muncul istilah Yahudi (Yehudim), bentuk plural dari kata Jew yang berasal dari akar kata yang sama (unsplash/Anton M)

Apakah Bangsa Israel dan Bani Israil sama? Jawabannya adalah, ya. 

Bani Israil Keturunan Nabi Ya'qub dan Nabi Ishaq

Bani Israil adalah satu-satunya kaum (bangsa) yang paling banyak kisahnya disebutkan dalam Al-Quran. Nama Bani Israil atau Anak-anak Israil pertama kali diberikan kepada putra-putra Nabi Ya'qub, putra Nabi Ishaq atau cucu Nabi Ibrahim a.s.  

Untuk mengetahui asal-usul Bani Israil, kita harus mengetahui dulu kisah Nabi Ishaq a.s

Allah berfirman,

"Dan Kami memberi dia kabar gembira dengan (kelahiran) Ishaq, seorang nabi yang termasuk orang-orang yang saleh. Kami limpahkan keberkatan atasnya dan atas Ishaq. Dan di antara anak cucunya ada yang berbuat baik dan ada (pula) yang zalim terhadap dirinya sendiri dengan nyata." (QS As-Shaaffaat, 37: 112-113).

Nabi Ishaq adalah putra Nabi Ibrahim dengan Sarah. Sementara dengan istri keduanya, Hajar, Nabi Ibrahim dikaruniai putra bernama Ismail yang kelak kemudian menurunkan bangsa Arab Hejaz.

Setelah menikah, Nabi Ishaq dikaruniai dua putra, Al-Ish dan Ya'qub. Sewaktu dewasa, Ya'qub menikah dengan 4 wanita, yakni Layya (Leah), Rahiel (Rachel), Balhah (Bilhah, budak Rahiel) dan Zilfah (budak Layya). Dari keempat istri ini, Nabi Ya'qub mempunyai 12 anak yang kemudian dikenal dengan al-Asbath, bentuk jamak dari sabath yang artinya anak atau cucu. Dalam beberapa ayat Al-Quran, penyebutan Nabi Ya'qub selalu diikuti dengan al-Asbath (Nabi Ya'qub dan anak cucunya).

  • Dari Layya, Nabi Ya'qub mempunyai putra: Rabil, Syamun, Lawi, Yahudza (Yehuda), Yasakir, dan Zabulon.
  • Dari Rahiel, Nabi Ya'qub mempunyai putra: Yusuf a.s dan Bunyamin.
  • Dari Balhah, Nabi Ya'qub mempunyai putra: Daan dan Naftali
  • Dari Zulfa, Nabi Ya'qub mempunyai putra: Jaad dan Asyir.

Kedua belas putra Ya'qub inilah yang kemudian disebut dalam kitab Ibrani sebagai Twelve Tribes of Israel (dalam Ibrani disebut Shivtei Yisraeli). Secara kolektif, keturunan dari 12 putra Nabi Ya'qub ini kemudian membentuk kaum (bangsa) yang disebut Bani Israil.

Anak keturunan Nabi Ya'qub ini kemudian melahirkan beberapa nabi. Dari asbath (keturunan) Lawi selain Nabi Musa dan Harun, juga lahir Nabi Ilyas dan Ilyasa a.s. Dari asbath Yahudza, lahir nabi Daud, Sulaiman, Zakariya, Yahya dan Isa. Sedangkan dari asbath Bunyamin lahirlah Nabi Yunus a.s

Selain dari Al-Quran dan kitab suci Ibrani maupun Injil, nama Israel juga tercantum dalam prasasti Merneptah, yang dibuat untuk Firaun Mesir Merneptah (putra Ramses II) pada 1209 SM.

Eksodus Bani Israil dari Mesir ke Palestina

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN