Mohon tunggu...
Himam Miladi
Himam Miladi Mohon Tunggu... Penulis

Penulis Konten | warungwisata.com | Email : himammiladi@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan Pilihan

Keistimewaan Ramadan dalam Angka

12 April 2021   09:22 Diperbarui: 12 April 2021   09:32 531 8 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Keistimewaan Ramadan dalam Angka
Bulan Ramadan menghadirkan suasana spiritual khusus yang dialami banyak orang, yang tidak didapatkan di bulan-bulan lain (ilustrasi diolah pribadi)

4 Minggu Penuh Belas Kasih Allah Swt

Ramadan adalah bulan kebajikan dan bulan pelipatgandaan ganjaran. Setiap umat Islam hendaknya menyambut Ramadan dengan melakukan kegiatan-kegiatan positif, hingga diibaratkan kegiatan itu dapat  menjadikan pintu-pintu surga terbuka lebar karena amal kebajikan apa pun, kendati sedikit, dapat mengantar ke surga.

Rasulullah Saw bersabda,

"Kalau (bulan) Ramadan tiba, pintu-pintu surga terbuka dengan lebar, pintu-pintu neraka tertutup dengan rapat dan setan-setan terbelenggu" (HR. Muslim).

30 Hari Penghambaan diri kepada Allah Swt

Ayat paling populer yang sering disampaikan selama bulan Ramadan adalah surah Al-Baqarah ayat 183:

"Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa."

Ayat ini berisi perintah untuk menunaikan ibadah puasa selama Ramadan, dengan tujuan agar kita bertakwa. Dalam konsep keagamaan, para ulama mendefinisikan takwa sebagai "melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya".

Jadi, seorang mukmin yang sempurna imannya adalah seseorang yang mengabdikan seluruh hidupnya melayani Allah. Sebagaimana firman Allah Swt,

"Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku" (QS Az-Zariyat: 56).

720 Jam Pengalaman Spiritual Bersama Allah Swt

Bulan Ramadan juga menjadi bulan yang bisa mendekatkan orang-orang beriman kepada Allah. Di sela-sela rangkaian ayat tentang puasa (QS Al-Baqarah ayat 183-187), Allah berfirman,

"Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya aku dekat. Aku kabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku. Hendaklah mereka it memenuhi (perintah-Ku) dan beriman kepada-Ku agar mereka memperoleh kebenaran" (QS Al-Baqarah: 186).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x