Mohon tunggu...
Himam Miladi
Himam Miladi Mohon Tunggu... Penulis

Penulis Konten | warungwisata.com | Email : himammiladi@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Bila Tak Ingin Gagal, Jangan Pernah Coba-coba

11 April 2021   07:51 Diperbarui: 11 April 2021   07:55 79 8 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bila Tak Ingin Gagal, Jangan Pernah Coba-coba
Orang yang hanya coba-coba menandakan dia takut gagal, sementara kegagalan adalah bagian dari kehidupan (ilustrasi diolah pribadi)

Do or do not, there is no try -- Yoda

"Lakukan atau tidak, tidak ada yang namanya coba-coba"

Saat membongkar lemari buku, saya menemukan sebuah koleksi lama, visual dictionary film Star Wars episode 1 The Phantom Menace. Buku dari Star Movie yang saya dapatkan saat bekerja di sebuah operator TV kabel ini berisi penjelasan dari tokoh-tokoh film tersebut, mulai dari siapa dia, hingga penjelasan kostum serta fungsi peralatan dan perlengkapan yang dipakai. Pokoknya super lengkap. Bagi pecinta Star Wars, buku ini bisa dianggap rare/langka. 

Buku Visual Dictionary Star Wars (dok.pri)
Buku Visual Dictionary Star Wars (dok.pri)

Ok, saya tak hendak membicarakan buku tersebut, tapi saya ingin berbicara tentang sebuah kutipan dari salah seorang tokoh terkenal Star Wars, yakni Master Yoda.

Sewaktu mengajari Luke Skywalker, Master Yoda berpesan,

"Do or do not, there is no try."

Master Yoda meminta Luke Skywalker untuk bertindak tanpa keragu-raguan, memberikan yang terbaik serta bertindak sepenuh hati. Lakukan atau tidak, tidak ada yang namanya coba-coba.

Ucapan Master Yoda ini sekilas mirip dengan slogan Nike, "just do it". Tapi ada yang berbeda. Kalau Nike menyuruh kita untuk lakukan saja, inti dari ucapan Master Yoda adalah apa yang kita katakan mempengaruhi tindakan kita.

Ketika kita berkata dengan ragu-ragu, demikianlah kita menjadi orang yang ragu-ragu. Ketika kita berkata dengan tidak sepenuh hati, demikianlah tindakan atau usaha kita menjadi tidak maksimal. Dengan kata lain, kalau ingin berhasil jangan pernah coba-coba.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN