Mohon tunggu...
Himam Miladi
Himam Miladi Mohon Tunggu... Penulis

Penulis Konten | warungwisata.com | Email : himammiladi@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Hobi Artikel Utama

Snow Bush, Semak Salju yang Bakal Jadi Tren Tanaman Hias 2021

14 Januari 2021   10:26 Diperbarui: 15 Januari 2021   05:00 749 23 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Snow Bush, Semak Salju yang Bakal Jadi Tren Tanaman Hias 2021
Keindahan warna daun yang bercorak hijau, merah muda dan putih membuat Snow Bush jadi tanaman hias yang cantik (dokpri)

Menurut Kompasianer I Ketut Suweca, bunga Wijaya Kusuma alias si Ratu Malam bakal menjadi tren tanaman hias 2021. Namun aku punya prediksi yang berbeda.

Bukan si Janda Bolong atau keluarga Monstera, bukan pula si daun cantik Aglonema atau Gelombang Cinta. Yang bakal jadi tren tanaman hias 2021 satu di antaranya adalah si semak salju, atau Snow Bush.

Aku pertama kali melihat tanaman hias ini di rumah seorang teman. Pada pandangan pertama, aku langsung jatuh cinta dengan keunikan daunnya yang semakin pucuk warnanya semakin memudar. Dari hijau ke merah muda lalu memutih.

Semak Salju yang Tumbuh Di Daerah Tropis

Tanaman hias ini memang populer disebut Snow Bush atau semak salju. Meski mengandung nama salju, tanaman ini justru merupakan tanaman khas daerah berikilim tropis, dan tidak dapat bertahan hidup di wilayah yang bersalju.

Snow Bush, yang memiliki nama ilmiah Breynia disticha berasal dari wilayah tropis di sekitar kepulauan Pasifik. Asalnya dari Hawaii kemudian menyebar ke seantero Asia Tenggara, Australia hingga Kaledonia. Pokoknya, semak salju ini bisa tumbuh dengan baik di daratan beriklim tropis.

Keindahan Daun Snow Bush

Kecantikan Snow Bush lebih banyak disebabkan warna-warni daunnya. Dari pangkal tanaman, daunnya berwarna hijau, kemudian ke pucuk berubah menjadi merah muda dan merah. Warna daun yang menakjubkan dihiasi dengan warna putih, yang membuat tanaman ini tampak seperti sedang diselimuti salju.

Batang tanaman yang berliku-liku berwarna merah muda hingga merah, menambah cantik tampilan tanaman yang penuh warna. Bahkan ada kultivar Snow Bush dengan daun belang-belang dalam warna merah jambu, merah dan ungu. Seperti Breynia disticha Roseopicta yang memiliki corak belang merah muda dan ungu.

Corak merah mudah pada Snow Bush memberi efek mekar yang cantik (toptropicals.com)
Corak merah mudah pada Snow Bush memberi efek mekar yang cantik (toptropicals.com)

Semak salju menghasilkan buah merah bulat kecil. Bunganya kecil terletak di antara dedaunan yang warnanya lebih menyolok. Tetapi tidak jadi masalah bagi penggemar tanaman hias karena yang diminati dari Snow Bush ini bukan bunganya, melainkan warna daunnya. Corak merah pada daun Snow Bush sudah memberi efek mekar.

Sebagai tanaman hias, Snow Bush bisa tumbuh hingga setinggi 1,2 meter. Itu sebabnya tanaman ini sering dimanfaatkan sebagai pagar hidup. Dengan daun yang berwarna-warni, pagar tanaman ini terlihat sangat cantik dipandang siapa pun yang melewatinya. 

Tips Merawat Snow Bush Sebagai Tanaman Hias Indoor

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN