Mohon tunggu...
Himam Miladi
Himam Miladi Mohon Tunggu... Penulis

Penulis Konten | himam.id | Email : himammiladi@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

#ErickOut, Salah Erick Thohir atau Jokowi yang Selalu Benar?

6 Juli 2020   10:47 Diperbarui: 6 Juli 2020   10:55 1025 24 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
#ErickOut, Salah Erick Thohir atau Jokowi yang Selalu Benar?
Sangat naif bila menganggap setiap kebijakan yang dibuat Erick Thohir tidak diketahui presiden Jokowi (foto: Antara Foto/Wahyu Putro A)

Tidak ada visi misi menteri, yang ada adalah visi misi presiden dan wakil presiden.

Penegasan ini disampaikan presiden Jokowi sehari usai memperkenalkan dan melantik para menterinya yang tergabung dalam Kabinet Indonesia Maju. Presiden Jokowi juga mengingatkan, bahwa kerja kabinet kita adalah kerja tim, bukan kerja menteri per menteri, bukan kerja sektoral.

Menurut Presiden, ini adalah membangun sebuah negara besar, tidak mungkin menteri itu berjalan sendiri-sendiri. Kerja tim, yang dikoordinasi oleh para Menko (Menteri Koordinator).

Belakangan ini, taklimat presiden Jokowi tersebut kembali diungkit menyusul dipublikasikannya video rapat kabinat terbatas pada 18 Juni yang fokus utamanya adalah kemarahan Jokowi pada beberapa menterinya.

Dengan mengungkit taklimat itu, publik seperti hendak mengingatkan bahwa apa pun langkah dan kebijakan para menteri, hakekatnya itu sudah atas sepengetahuan menteri koordinator dan juga presiden itu sendiri.

Maka, alangkah anehnya apabila ketika ada menteri yang membuat kebijakan atau keputusan yang tidak populer di mata publik, hanya menteri tersebut yang disalahkan. Sementara menteri koordinator atau presidennya sendiri tidak dikaitkan sama sekali.

Salah satu menteri yang saat ini tengah menjadi sorotan publik adalah Menteri BUMN Erick Thohir. Sejumlah kebijakan mantan ketua tim pemenangan Jokowi-Ma'ruf saat pilpres ini dianggap merugikan citra Jokowi.

Bahkan tagar #EricOut menggema di jagad twitter. Para pendukung Jokowi yang menyerukan tagar ini berharap presiden Jokowi mengevaluasi Erick Thohir, dan mendesak untuk menggantinya. Lucunya, selain mencolek akun resmi Jokowi, netizen juga men-tag akun @kaesangp. Apa hubungannya coba?

Nepotisme Gaya Baru di BUMN Sejak Erick Thohir Menjabat

Salah satu kebijakan Erick Thohir yang digugat netizen adalah keputusannya mengangkat perwira aktif TNI-Polri sebagai Direksi dan Komisaris di BUMN.

Pegiat Anti Korupsi Kolusi Dan Nepotisme (KKN) Andrianto SIP menganggap Erick Thohir sedang bagi-bagi kekuasaan mengingat ia pernah menjadi ketua timses pemenangan Jokowi-Ma'ruf pada pilpres 2019.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN