Mohon tunggu...
Himam Miladi
Himam Miladi Mohon Tunggu... Penulis

Penulis Konten | himam.id | Email : himammiladi@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Digital Artikel Utama

Tips Melakukan Pertemuan Online dengan Google Hangouts Meet

25 Maret 2020   09:12 Diperbarui: 25 Maret 2020   14:50 475 16 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Melakukan Pertemuan Online dengan Google Hangouts Meet
Aplikasi pertemuan online yang populer digunakan adalah Google Hangouts Meet (screenshot dokumentasi pri)

Salah satu implikasi pandemi Covid-19 adalah banyak acara dan pertemuan yang harus dibatalkan atau dipindahkan secara online.

Ketika otoritas kesehatan Indonesia menemukan dua kasus positif yang pertama, semua pelatihan yang diselenggarakan Gapura Digital di 14 kota ditunda. Kerja sama pelatihan dengan pihak ketiga juga dibatalkan.

Sebagai gantinya, Gapura Digital merancang pelatihan secara online. Memang tidak mudah, karena pelatihan terbuka dengan pelatihan online berbeda, baik suasana maupun mekanismenya. 

Tapi mau bagaimana lagi, ini satu-satunya cara bagi kami di Gapura Digital untuk tetap bisa menularkan ilmu tanpa harus menularkan virus penyakit.

Aplikasi untuk Pertemuan Online

Ada banyak aplikasi atau platform yang bisa digunakan untuk pertemuan online. Kalau hanya dua orang saja, aplikasi perpesanan seperti WhatsApp, Facebook Messenger, Google Duo atau Skype bisa kita gunakan. Tapi jika ingin bertemu secara online dengan banyak orang sekaligus, sedikit aplikasi yang bisa mewadahi.

Ada dua aplikasi pertemuan online yang populer dan banyak digunakan selama kondisi pandemi Covid-19 sekarang ini: Zoom dan Google Hangouts Meet.

Sekilas Aplikasi Zoom

Zoom (zoom.us/meetings) lebih populer dan banyak digunakan. Siapa saja bisa membuat akun gratis dan bisa membuat pertemuan sendiri. Tapi, untuk akun gratis ini waktu pertemuan online-nya dibatasi, maksimal 45 menit saja. 

Jika ingin mengadakan pertemuan online lebih dari 45 menit, kita harus membuat akun Pro dengan biaya USD 15/bulan.

Fitur unggulan Zoom adalah kita bisa menentukan URL tetap yang akan selalu mengarah ke rapat Zoom yang sudah kita buat. Zoom juga memungkinkan kita mengonfigurasi rapat dengan membisukan semua peserta secara default.

Rapat Online dengan Google Hangouts Meet

Satu lagi aplikasi pertemuan online yang populer digunakan adalah Google Hangouts Meet. Ini aplikasi konferensi untuk akun Google perusahaan (Google Business).

Karena itu, yang bisa membuat rapat/membuat ruang pertemuan adalah yang memegang akun Google G-Suite. Sementara pemilik akun Google biasa hanya bisa mengikuti rapat/pertemuan dengan cara memasukkan kode atau mengikuti tautan yang tersedia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x