Mohon tunggu...
Himam Miladi
Himam Miladi Mohon Tunggu... Penulis - Penulis

Penulis Konten | warungwisata.com | Email : himammiladi@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Indonesia Masuk Daftar Negara Terjangkit Virus Corona, Pemerintah Sudah Berbohong?

27 Februari 2020   23:44 Diperbarui: 28 Februari 2020   00:05 7506 10 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Indonesia Masuk Daftar Negara Terjangkit Virus Corona, Pemerintah Sudah Berbohong?
Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Adel bin Ahmed Al-Jubeir saat bertemu dengan Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi (CNBC Indonesia/Wangi Sinintya) 

Indonesia termasuk dalam daftar 23 negara yang terjangkit virus corona versi pemerintah Arab Saudi. Imbasnya, jamaah umroh asal Indonesia dilarang masuk ke Tanah Suci.

Arab Saudi Menghentikan Sementara Kegiatan Ibadah Umroh Dari Beberapa Negara

Pada Kamis (27/2), pemerintah Arab Saudi mengeluarkan rilis tentang larangan sementara kegiatan ibadah umroh dari beberapa negara yang dianggap terjangkit virus corona. Selain itu, pemerintah Arab Saudi juga melarang kunjungan turis dan tamu serta menghentikan layanan visa wisata dari negara-negara yang mengalami kasus COVID-19 ini.

"Menghentikan masuknya warga negara ke Kerajaan Arab Saudi dengan menggunakan visa wisata, bagi mereka yang datang dari negara-negara yang terkena wabah virus Corona baru (COVID-19), merujuk kepada kriteria yang ditetapkan oleh lembaga kesehatan terkait Pemerintah Kerajaan," demikian bunyi poin kedua pernyataan Kemlu Saudi, Kamis (27/2/2020) seperti dikutip detikcom.

Dalam pernyataan Kemlu Arab Saudi, tidak disebutkan negara-negara mana saja yang dianggap memenuhi kriteria terkena wabah virus corona baru. Namun, terdapat daftar negara-negara yang dicekal dan salah satunya adalah Indonesia.

Masuknya Indonesia dalam kriteria negara terjangkit COVID-19 versi pemerintah Arab Saudi dipertanyakan Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi. Pasalnya, hingga saat ini Kementerian Kesehatan menjamin wilayah Indonesia bebas dari wabah virus corona.

Sekalipun di beberapa negara tetangga yang terdekat seperti Singapura, Thailand dan Malaysia sudah melaporkan kasus COVID-19, Indonesia menurut Menkes dr. Terawan aman-aman saja. Dari ratusan kasus suspect corona yang dilaporkan, semuanya berstatus negatif.

Meski begitu, bukan berarti tidak ada WNI yang tidak terjangkit. Tercatat, ada 9 WNI berstatus positif virus corona. Mereka adalah awak kapal pesiar Diamond Princess yang terinfeksi virus corona bersama 691 penumpang dan awak kapal lainnya.

Saat ini, pemerintah Indonesia tengah mengupayakan evakuasi 69 WNI di kapal Diamond Princess yang tengah berada dalam pengawasan ketat pemerintah Jepang. Di luar itu, dalam perkembangan terbaru pemerintah Taiwan melaporkan adanya seorang WNI yang menjadi TKI ilegal positif terinfeksi virus corona.

Masuk Daftar Negara Terjangkit Virus Corona, Pemerintah Sudah Berbohong?

Rentetan situasi ini akhirnya menimbulkan pertanyaan, benarkah Indonesia bebas dari virus corona? Apakah pemerintah Indonesia sudah berbohong dengan tidak memberitahu keadaan yang sebenarnya?

Pemerintah Indonesia boleh mengklaim wilayahnya bersih dari paparan COVID-19, namun nihilnya kasus virus corona di negara ini malah mengundang "kecurigaan" dari beberapa pihak luar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x