Mohon tunggu...
Himam Miladi
Himam Miladi Mohon Tunggu... Penulis - Penulis

Penulis Konten | warungwisata.com | Email : himammiladi@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Pelajaran dari Sutradara yang Memprediksi Dirinya Sendiri Menang Oscar

18 Februari 2020   22:54 Diperbarui: 18 Februari 2020   22:52 185 8 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Matthew A. Cherry usai memenangkan penghargaan Oscar kategori sutradara terbaik film animasi pendek (sumber foto: foxnews.com)

Di saat perhatian dunia tertuju pada kemenangan film Parasite dan aktor Joaquin Phoenix, ada satu nama pemenang Oscar yang luput dari perhatian. Padahal, sang pemenang ini punya kisah yang sangat unik, kalau boleh dibilang cukup menakjubkan terkait keberhasilannya meraih penghargaan bergengsi di bidang perfilman dunia ini.

Pada 2012, Matthew A. Cherry memposting di akun twitternya bahwa suatu saat nanti dia akan dinominasikan di ajang Academy Award:

Empat tahun kemudian, mantan pemain NFL (sepakbola Amerika) yang memulai debutnya sebagai sutradara beberapa video musik dan film indie dengan anggaran murah ini kembali men-tweet prediksi bombastis: "Apakah ada seniman 3D yang mengikuti saya? Saya mendapat ide film pendek layak Oscar untuk pergi dengan gambar ini. Tangkap aku ."

Dan Cherry memang berhasil.  Delapan tahun setelah prediksi awalnya, Cherry membawa pulang piala Oscar untuk film animasi pendeknya, Hair Love. Film ini bercerita tentang seorang ayah keturunan Amerika-Afrika yang belajar menata rambut putrinya ketika ibunya dirawat di rumah sakit.

Sehari usai memenangkan penghargaan sutradara terbaik kategori film animasi pendek, Cherry membagikan ulang postingannya di tahun 2016, disertai caption: Nailed it!

Dalam pidato kemenangannya, Cherry mempromosikan pentingnya representasi dalam animasi dan untuk mengadvokasi UU CROWN, sebuah undang-undang yang diusulkan di negara-negara bagian di seluruh Amerika Serikat yang akan melarang diskriminasi berdasarkan gaya dan tekstur rambut.

"Kami ingin menormalkan rambut hitam," kata Cherry di podium.

3 Pelajaran dari Kemenangan Matthew A. Cherry

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan