Mohon tunggu...
Himam Miladi
Himam Miladi Mohon Tunggu... Penulis

Penulis Konten | himam.id | Email : himammiladi@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

7 Kata Bijak Albert Einstein tentang Kreativitas yang Patut Kita Renungkan

18 Februari 2020   00:25 Diperbarui: 18 Februari 2020   00:22 6390 11 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
7 Kata Bijak Albert Einstein tentang Kreativitas yang Patut Kita Renungkan
kata bijak Albert Einstein (gambar diolah dari Canva)

Jaman saya sekolah dulu, tidak ada anak sekolah yang tidak tahu Albert Einstein. Namanya adalah ikon dari kecerdasan yang luar biasa, IQ yang tinggi, dan ilmuwan paling pintar se-dunia. 

Tak pelak, Albert Einstein berada di daftar pertama fisikawan paling berpengaruh dari ilmuwan paling terkenal yang pernah hidup. Einstein baru berusia 26 tahun ketika pada 1905 dia menerbitkan empat makalah terpisah di bidang fisika yang membuat namanya meroket. 

Di antara berbagai teori dalam makalahnya tersebut, yang paling terkenal dan fenomenal adalah teori relativitas khusus dengan persamaannya yang terkenal, E = mc. Singkatnya teori ini menyatakan bahwa materi dapat diubah menjadi energi. Teori ini pula yang dianggap sebagai pondasi dasar terciptanya bom atom atau bom nuklir.

Atas kontribusinya tersebut, Albert Einstein dianugerahi penghargaan Nobel Fisika pada 1921. Seiring popularitasnya, nama Einstein kemudian menjadi identik dengan kejeniusan dan kreativitas. Oleh majalah TIME, Einstein dianggap sebagai Person of the Century pada tahun 1999.

Namun kejeniusan Einstein tidak hanya terbatas di bidang sains semata. Banyak kata bijak Albert Einstein yang menunjukkan bahwa kebijaksanaannya meluas jauh melampaui bidang sains. 

Berikut 7 kata bijak Albert Einstein tentang kreativitas dan kesuksesan yang bisa kita jadikan bahan renungan.

1. Jangan Membandingkan Kesuksesan

"Semua orang jenius. Tetapi jika Anda menilai seekor ikan dengan kemampuannya memanjat pohon, ia akan hidup seumur hidup dengan percaya bahwa itu bodoh."

Ini salah satu kata bijak Einstein yang saya sukai. Maksud dari kutipan Albert Einstein ini adalah jangan pernah membandingkan diri dengan orang lain. 

Seperti yang dikatakan Albert Einstein, semua orang jenius. Setiap orang memiliki kejeniusan khas masing-masing. Karena itu, sangat tidak adil apabila kita membandingkan kemampuan satu orang dengan orang lain karena ini sama saja dengan menilai seekor ikan dari kemampuannya memanjat pohon.

Begitu pula dengan kesuksesan, setiap orang memiliki jalan masing-masing. Kita mungkin bisa meniru dan mengikuti jalan tersebut, tapi kita tidak akan pernah bisa meraih hasil yang sama. Yang penting adalah kita harus percaya bahwa jalan yang kita ambil tersebut bisa mengantarkan kita pada pintu gerbang kesuksesan.

2. Bekerja Keras Supaya Menjadi Lebih Berharga

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN