Mohon tunggu...
Himam Miladi
Himam Miladi Mohon Tunggu... Penulis

Penulis Konten | himam.id | Email : himammiladi@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Masjid itu Rumah Allah Apa Bukan, Sih?

16 Januari 2020   23:32 Diperbarui: 16 Januari 2020   23:37 183 12 3 Mohon Tunggu...
Masjid itu Rumah Allah Apa Bukan, Sih?
Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh (semarak.news)

Jarum jam sudah menunjukkan pukul 21.00 ketika kami sampai di stasiun Banyuwangi Baru, Ketapang Banyuwangi. Karena jadwal keberangkatan kereta api Mutiara Selatan ke Surabaya masih kurang 1 jam lagi, kami memutuskan untuk sholat Isya dulu.

Kami lalu mencari masjid terdekat, dan setelah bertanya-tanya, kami ditunjukkan arah ke sebuah masjid yang terletak tidak jauh dari stasiun. Setiba di depan masjid, pintu pagarnya ternyata sudah ditutup, meskipun tidak digembok.

Kami pun melangkah masuk ke dalam. Dan seperti yang sudah kami perkirakan, pintu ruangan masjid terkunci. Alhasil, kami hanya bisa sholat di teras masjid.

Rasanya banyak musafir seperti saya memiliki pengalaman yang sama. Sering mendapati pintu masjid sudah tertutup rapat saat malam menjelang selepas waktu sholat Isya.

Sampai-sampai seorang teman saya melontarkan guyon satir, "Masjid itu rumah Allah apa bukan sih? Kok seringkali pengurus/takmir masjid mengunci pintunya?"

Memang benar pertanyaan yang dilontarkan teman saya tersebut, sekaligus menjadi ironi tersendiri bagi umat Islam. Kaum muslimin kerap mengatakan masjid itu Rumah Allah. Tapi dalam praktiknya, masjid seolah menjadi milik pribadi atau kelompok warga tertentu. Banyak sekali aturan-aturan yang malah menghalangi hak seorang muslim untuk beribadah dalam masjid.

Contohnya adalah dengan menutup pintu masjid di waktu malam hari. Bukankah ini menghalangi hak musafir muslim yang kemalaman di tengah perjalanannya? Bukankah ini menghalangi hak warga muslim sekitar yang mungkin ingin i'tikaf malam atau sholat tahajud di dalam masjid?

Kalau masjid itu dikatakan rumah Allah, seyogyanya pintu masjid itu terbuka 24 jam. Tidak hanya di waktu sholat 5 waktu saja pintu masjid dibukakan.

Memangnya apa yang ditakutkan jika pintu masjid dibuka 24 jam? Takut ada pencuri yang masuk? Takut ada barang-barang berharga inventaris masjid yang digondol jamaah?

Kalau memang pengurus masjid masih dihinggapi rasa takut yang demikian, maka jangan sebut masjdi yang dikelolanya itu sebagai rumah Allah!

Allah itu Maha Besar, Maha Kaya, Maha Mengetahui, Maha Segalanya. Rumah-Nya tak perlu dijaga, apalagi sampai dikunci segala. Serahkan saja urusan keamanan masjid itu di tangan Allah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x