Mohon tunggu...
Himam Miladi
Himam Miladi Mohon Tunggu... Penulis

Penulis Konten | warungwisata.com | Email : himammiladi@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

13 Tips Liburan yang Mungkin Belum Pernah Kamu Ketahui

18 Desember 2019   12:16 Diperbarui: 18 Desember 2019   12:24 561 8 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
13 Tips Liburan yang Mungkin Belum Pernah Kamu Ketahui
ilustrasi tips liburan (dokpri)

Sejak resign 2 tahun yang lalu, aku praktis tidak banyak bepergian. Harus kuakui, berkat pekerjaanku saat itu aku banyak mengenal tempat-tempat baru. Aji mumpung, sambil bekerja sekalian menikmati tempat wisata.

Biasanya, sebelum bepergian (berlibur atau karena urusan pekerjaan) kita selalu mencari informasi di internet. Entah tentang tempat wisatanya, informasi budaya, hingga tips-tips perjalanan. Dari sekian banyak tips perjalanan yang ada di internet, nyaris semuanya sama saja:

  • Lakukan Survei Lokasi Liburan.
  • Lakukan Pemesanan dari Jauh Hari.
  • Usahakan Pergi Bukan di Musim Liburan.
  • Utamakan Kenyamanan daripada Kemewahan.
  • Bawa Uang Tunai.
  • Catatlah Pengeluaran Selama Liburan.
  • Berbelanja
  • Sedia payung dan jas hujan saat liburan di musim penghujan
  • Dan lain-lain

Kedengarannya membosankan karena aku yakin semua orang pernah membaca dan melakukannya. Sementara saat kita liburan, ternyata ada satu-dua situasi dan kejadian yang tidak terduga, yang sama sekali belum pernah kita ketahui ada di berbagai artikel tips liburan.

13 Tips Liburan yang Mungkin Belum Pernah Kamu Ketahui

Berdasarkan pengalamanku selama traveling dan bepergian, ada beberapa tindakan yang perlu kita antisipasi sebelum berangkat, yang mana hal ini belum banyak diulas dalam berbagai artikel perjalanan. Berikut 13 tips liburan yang mungkin belum pernah kamu ketahui:

1. Selalu Memiliki Rencana Cadangan

Dalam setiap merencanakan apapun, aku selalu memiliki rencana cadangan. Tak terkecuali ketika hendak berlibur. Kita tidak akan pernah tahu ada kejadian apa pada waktu liburan kita. Beberapa kejadian tak terduga atau alasan yang sering kualami adalah:

  • Ingin tinggal lebih lama karena jatuh cinta dengan suasana tempat liburan.
  • Menemukan pertemanan baru sehingga ingin menghabiskan waktu liburan bersama
  • Cuaca buruk sehingga ingin cepat pulang

Dengan memiliki rencana cadangan, setidaknya kita terhindar dari kepanikan untuk memenuhi apa yang kita butuhkan. Mungkin itu biaya cadangan untuk memperpanjang sewa penginapan, atau membeli tiket penerbangan secara mendadak.

2. Selalu Membawa Power bank

Salah satu tips perjalanan terbaik yang aku pelajari adalah selalu membawa power bank atau charger portabel. Tidak peduli seberapa banyak kamu berpikir bisa hidup tanpa teknologi, faktanya adalah sebagian besar hidupmu dan perjalananmu direncanakan di internet dan gadget.

Tidak semua tempat wisata menyediakan colokan listrik dan wifi gratis. Tidak semua restoran atau cafe mengijinkan pelanggannya untuk numpang men-charge baterei gadget mereka.

Nah, ketika ada keperluan penting dan mendadak yang membutuhkan akses internet, setidaknya kamu tidak akan panik jika baterei gadget-mu sudah berkedip-kedip minta diisi ulang.

3. Fotokopi Paspor, KTP & Dokumen Penting Lainnya

Cuma untuk berjaga-jaga seandainya kamu mengalami musibah kecopetan atau dirampok orang saat liburan. Sebelum berlibur, pastikan kamu meng-copy semua dokumen penting, terutama kartu identitas pribadi seperti KTP, SIM, STNK atau Paspor.

Jika (semoga saja tidak) kamu kehilangan dompet dan semua kartu identitasmu ada di dalamnya, kamu masih bisa mengurus beberapa keperluan seperti check in atau mengurus surat kehilangan dengan berkas fotokopinya.

4. Jangan Terlalu Banyak Mengambil Foto Liburan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN