Mohon tunggu...
Himam Miladi
Himam Miladi Mohon Tunggu... Penulis - Penulis

Penulis Konten | warungwisata.com | Email : himammiladi@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

J&T Express, "Smart Logistic" di Era Industri 4.0

13 Desember 2019   13:23 Diperbarui: 13 Desember 2019   13:22 341
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
J&T Express (sumber gambar: screenshot aplikasi J&T express)

Sebagai pelaku UMKM, saya menyadari pentingnya arti kepercayaan dari pelanggan. Di era industri 4.0, kepercayaan pelanggan adalah modal utama agar bisnis tetap bisa bertahan dan selalu berkembang.

Tiga tahun lalu, saya memulai usaha jualan kopi bubuk dengan merek Kopi Bromo dan Kopi Hijau Bromo. Sejak awal, saya langsung berjualan secara online dengan  menaruh produk di beberapa marketplace sekaligus.

Mengapa saya memilih berjualan secara online?

Banyak alasannya. Namun setidaknya saya menemukan 3 alasan utama mengapa usaha sekecil apapun harus go online:

1. Biaya Operasional Lebih Rendah

Dengan berjualan secara online, saya tidak perlu memiliki toko fisik sendiri. Saya juga tidak perlu membayar pegawai untuk operasional toko sehari-hari.

2. Biaya Pemasaran Fleksibel

Setiap usaha pasti membutuhkan pemasaran. Dengan go online, usaha saya tidak memerlukan biaya yang besar untuk promosi. Saya tak perlu mencetak banner, neonbox atau brosur untuk dibagikan.

3. Bisa Memulai Bisnis Dengan Cepat

Tak perlu waktu lama bagi saya untuk memulai usaha. Dengan modal akun media sosial dan marketplace, saya bisa langsung berjualan pada saat itu juga.

Di luar 3 alasan utama tersebut, membuat usaha kita terlibat secara online juga memungkinkan kita untuk meraih pasar yang potensial. Menurut survei dari Google-Deloitte Access Economy, UMKM yang go online dan menggunakan teknologi digital memiliki 4 keuntungan:

  1. Kenaikan pendapatan hingga 80%
  2. Satu setengah kali lebih mungkin untuk meningkatkan kesempatan kerja
  3. 17 kali lebih mungkin untuk inovatif
  4. Lebih kompetitif secara internasional

Pola pengguna internet di Indonesia (sumber data: WeAreSocial 2018, diambil dari materi presentasi Google Bisnisku)
Pola pengguna internet di Indonesia (sumber data: WeAreSocial 2018, diambil dari materi presentasi Google Bisnisku)

Kepercayaan Pelanggan Tergantung Distribusi Barang

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun