Mohon tunggu...
Himam Miladi
Himam Miladi Mohon Tunggu... Penulis

Penulis Konten | himam.id | Email : himammiladi@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

Jangan Minta "Harga Teman" Jika Ingin Menjaga Persahabatan

1 Desember 2019   08:37 Diperbarui: 1 Desember 2019   18:21 3256 14 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jangan Minta "Harga Teman" Jika Ingin Menjaga Persahabatan
ilustrasi persahabatan (sumber foto: unsplash.com/@matheusromeus | Matheus Ferrero)

"Eh, denger-denger elo buka toko aksesoris ya Bud?" tanya Parto pada Budi.

"Baru, To. Ini juga join sama sodara. Kebetulan dia punya kios nganggur di dekat Pasar Gede. Ya udah gue pakai aja buat jualan aksesoris. Mampir aja nanti sepulang elo kerja, " jelas Budi.

"Sip, tapi kasih harga teman ya?"

Pernah gak kita minta "harga teman" seperti Parto ini? Kalau ya, kita termasuk teman tipe transaksional. Hubungan pertemanan yang seperti ini tidak akan bisa bertahan lama.

Dalam buku Etika Nicomachean, Aristoteles menggambarkan "tiga jenis persahabatan" yang dibentuk orang di bawah kondisi yang berbeda, dan mengapa beberapa ikatan lebih kuat daripada yang lain.

Dua jenis persahabatan termasuk kategori "tidak disengaja" dan menurut Aristoteles kebanyakan kita sering jatuh ke dalam persahabatan semacam ini tanpa menyadarinya.

Persahabatan Karena Manfaat
Yang pertama adalah persahabatan utilitas. Dalam hubungan ini, tidak ada kasih sayang yang mengikat kedua belah pihak. Sebaliknya, mereka ada di dalamnya untuk keuntungan masing-masing yang bisa mereka terima dari yang lain.

Menurut Aristoteles, jenis persahabatan utilitas sering kali terbentuk antara orang-orang yang lebih mapan. Mereka yang telah belajar bahwa hidup ini terdiri dari banyak pertukaran dan lebih bersifat transaksional. Jenis persahabatan ini menurut Aristoteles sifatnya tidak disengaja dan juga sementara.

Aristoteles mengamati bahwa hubungan utilitas paling umum terjadi di antara orang dewasa. Sekalipun kamu sudah bersahabat sejak kecil, tapi jika dalam persahabatan itu tidak dilandasi kasih sayang, lambat laun persahabatan itu akan menjadi ikatan transaksional: kapan pun manfaatnya berakhir, begitu pula hubungan itu.

Persahabatan Karena Kesenangan
Jenis pertemanan tidak disengaja yang kedua didasarkan pada kesenangan. Hubungan seperti ini, menurut Aristoteles, lebih umum terjadi di kalangan orang muda.

Pikirkan teman-teman kuliah, atau teman bermain di klub olahraga yang sama. Hubungan mereka didasarkan pada emosi yang mereka rasakan pada waktu tertentu atau selama aktivitas tertentu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x