Mohon tunggu...
Himam Miladi
Himam Miladi Mohon Tunggu... Penulis

Penulis Konten | himam.id | Email : himammiladi@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Tanggal Merah, "It's Giveaway Time!"

18 Agustus 2019   10:06 Diperbarui: 18 Agustus 2019   10:37 0 4 2 Mohon Tunggu...
Tanggal Merah, "It's Giveaway Time!"
ilustrasi (dokumentasi Himam Miladi)

Tanggal merah tak hanya identik dengan banjir diskon. Bagi sebagian pengguna media sosial, tanggal merah adalah alarm penanda waktu berburu hadiah. It's giveaway time.

Dari sekian jenis platform media sosial, Instagram menjadi tempat memberi dan mencari hadiah favorit. Jika Anda mengetik tagar #Giveaway di kolom pencariannya, seketika itu muncul jutaan postingan yang berisi caption yang sama. Tidak saja dari akun penyelenggara, tagar #Giveaway juga disematkan para peserta dan pemburu hadiah.

Sebagaimana media sosial lain, Instagram juga mengalami pergeseran fungsi. Dari semula dimaksudkan sebagai media saling berbagi foto, Instagram kini menjelma menjadi salah satu alat pemasaran digital yang paling efektif.

Ketika Instagram diluncurkan oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger pada Oktober 2010, ia menggemparkan dunia media sosial. Sejak saat itu, aplikasi berbagi foto yang populer ini telah berkembang pesat melampaui 1 miliar pengguna aktif bulanan.

Wajar jika kemudian para marketing dan perusahaan mendedikasikan lebih banyak waktu dan sumber daya untuk menggunakan Instagram sebagai alat membangun merek mereka. 

Namun, dengan kerumunan audiens yang mencapai 1 miliar dan kompetisi pemasaran antar merek yang sangat ketat, tentu sulit bagi setiap perusahaan dan pemasar untuk bisa menarik perhatian pengguna Instagram. Apalagi jika produk, layanan atau merek mereka terbilang baru lahir.

Keuntungan kampanye Instagram Giveaway

dokumentasi Himam Miladi
dokumentasi Himam Miladi

Salah satu strategi yang efektif untuk menarik perhatian sekaligus meningkatkan keterlibatan pemirsa dan menumbuhkan pengikut adalah dengan kampanye Instagram Giveaway

Strategi marketing ini juga memungkinkan perusahaan membangun brand awareness (kesadaran merek). Bahkan, menurut Tailwind, akun Instagram yang menjalankan kontes reguler bisa tumbuh 70 kali lebih cepat.

Keuntungan lain dari kontes dan Instagram Giveaway adalah bisa meningkatkan keterlibatan audiens. Tailwind juga menunjukkan bahwa Instagram Giveaway mendapatkan sekitar 64X lebih banyak komentar dan 3,5X lebih banyak suka dibandingkan dengan konten lainnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN