Mohon tunggu...
Himam Miladi
Himam Miladi Mohon Tunggu... Penulis

Penulis Konten | himam.id | Email : himammiladi@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Digital Artikel Utama

"Google Question Hub", Tempat Pertanyaan yang Tak Terjawab Mesin Pencari

9 Agustus 2019   09:16 Diperbarui: 10 Agustus 2019   14:43 0 8 3 Mohon Tunggu...
"Google Question Hub", Tempat Pertanyaan yang Tak Terjawab Mesin Pencari
ilustrasi (dokumentasi Himam Miladi)

Libur sekolah kemarin, suatu hari anak saya bertanya, "Pak, toko yang jual layangan di mana?"

"Waduh, Bapak nggak tahu Dik. Coba tanya temanmu aja, mungkin mereka tahu."

Tak lama kemudian, anak saya kembali sambil menunjuk ke layar smartphone.

"Ini ada pak toko yang jual layangan, jauh nggak?" tanya anak saya sambil menunjukkan hasil pencarian di Google Search.

"Di jalan Sulfat ya jauh dik," jawab saya sambil tersenyum geli. Saya tersenyum karena membaca pertanyaan yang diajukan anak saya di mesin pencari bunyinya "dimana toko yang jual layangan dekat sini saja."

Mesin pencari Google memang memberi jawaban berupa hasil pencarian lokal berdasarkan daftar Google Bisnisku yang dibuat oleh toko yang bersangkutan.

Di luar itu, Google Search cuma merekomendasikan tautan artikel yang punya relevansi dengan kata kunci yang diajukan. Dan tidak semua tautan situs bisa menjawab dengan tepat pertanyaan yang diajukan.

Tidak semua pengguna internet paham dan mengerti bagaimana cara mencari sesuatu lewat mesin pencari hingga bisa mendapat jawaban yang tepat. Seperti yang dilakukan anak saya, banyak pertanyaan-pertanyaan sepele dan terkesan kekanak-kanakan tidak bisa dijawab oleh mesin pencari.

Misalnya, "Mana yang banyak main game Free Fire atau PUBG".  Menurut kamu, kira-kira ada nggak jawaban untuk pertanyaan semacam ini?

Mesin pencari juga tidak bisa menjawab pertanyaan yang susunan kalimatnya salah, ejaannya salah atau salah ketik. Memang mesin pencari memberi rekomendasi pertanyaan yang sesuai, tapi tidak semua mengerti dan memanfaatkannya.

Nah, pertanyaan-pertanyaan yang tidak ada jawabannya seperti inilah yang kemudian dikumpulkan oleh Google di dalam Question Hub.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN