Mohon tunggu...
Himam Miladi
Himam Miladi Mohon Tunggu... Penulis

Penulis Konten | warungwisata.com | Email : himammiladi@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Analisis Copywriting Iklan Perguruan Tinggi di Media Cetak

11 Juli 2019   10:18 Diperbarui: 11 Juli 2019   12:42 1503 4 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Analisis Copywriting Iklan Perguruan Tinggi di Media Cetak
ilustrasi (sumber foto unsplash.com/@brendanharvey; grafis dokumentasi Himam Miladi)

Seiring pengumuman hasil Seleksi Bersama Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2019 di media cetak, banyak perguruan tinggi swasta (PTS) yang memasang iklan. Tujuannya utamanya tentu untuk menarik minat dan menjaring calon mahasiswa yang belum beruntung masuk ke PTN.

Karakteristik iklan di media cetak (print ad) yang utama adalah ruang yang terbatas. Dengan keterbatasan ruang, pemasang iklan harus efektif dalam mengolah copywriting iklan mereka.

Sebelum menulis naskah/mengerjakan copywriting iklan, ada lima elemen yang harus ditentukan terlebih dahulu seperti yang ditunjukkan dalam gambar di bawah ini:

elemen copywriting (dokumentasi Himam Miladi)
elemen copywriting (dokumentasi Himam Miladi)

Pembaca

Segmentasi /target pembaca mana yang hendak dituju? Apa yang mereka sukai, apa prioritas, kekhawatiran, hingga impian mereka? Situasi apa yang akan mereka hadapi saat membaca naskah/tulisan yang kita tayangkan?

Solusi : Target dari iklan perguruan tinggi adalah anak muda, usia sekitar 17-20 tahun, terdidik dengan baik, prioritasnya mencari alternatif PTS yang kualitasnya tidak kalah dengan PTN.

Tujuan

Apa tujuan dari iklan tersebut? Apa yang hendak kita capai dalam copywriting? Konversi berupa jumlah like, lalu lintas kunjungan ke situs, engangement/keterlibatan, atau pembelian langsung?

Solusi: Tujuan pemasangan iklan adalah menjaring calon mahasiswa untuk mendaftar. Konversi berupa lalu lintas kunjungan ke situs hingga pendaftaran baik secara online maupun offline.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
VIDEO PILIHAN