Mohon tunggu...
Himam Miladi
Himam Miladi Mohon Tunggu... Penulis

Penulis Konten | himam.id | Email : himammiladi@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Kandidat Artikel Utama

Kampanye Akbar Prabowo-Sandi, Pesan Kuat untuk Indonesia Berakal Sehat

7 April 2019   20:55 Diperbarui: 8 April 2019   07:17 0 18 9 Mohon Tunggu...
Kampanye Akbar Prabowo-Sandi, Pesan Kuat untuk Indonesia Berakal Sehat
sumber foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak

Pendukung pasangan calon presiden nomor urut 02 Prabowo-Sandi melakukan serangan fajar. Tapi mereka tidak mengetuk pintu-pintu rumah dengan amplop berisi uang atau paket sembako. Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta pada Minggu (7/3) dinihari itu menjadi saksi bagaimana serangan fajar dari pendukung Prabowo-Sandi dilakukan dengan mengetuk pintu langit.

Sebelum fajar menyingsing, ratusan ribu massa pendukung Prabowo-Sandi sudah memadati area GBK. Mereka melantunkan sholawat, sholat Subuh berjamaah. Memasrahkan diri bermunajat bersama untuk kebaikan, keamanan dan persatuan. Memohon kemenangan pasangan Prabowo-Sandi yang mereka harapkan bisa membawa asa baru untuk kemenangan Indonesia.

Kampanye Akbar Prabowo-Sandi ini bisa dibilang kampanye yang paling fenomenal sepanjang sejarah pesta demokrasi di Indonesia. Kampanye ini juga bisa menjadi gambaran betapa militannya pendukung pasangan capres/cawapres ini.

Meskipun dipusatkan di Jakarta, ratusan ribu dari jutaan massa yang hadir datang dari luar Jakarta, tak terhitung pula yang datang dari luar pulau Jawa. Mereka dengan kesadaran dan kerelaan diri datang menggunakan biaya sendiri. Tak perlu diiming-imingi uang saku transportasi.

Jauh-jauh hari undangan untuk menghadiri kampanye akbar ini sudah disebar melalui media sosial. Meskipun diselenggarakan hari minggu, sejak Sabtu (6/4) ribuan pendukung Prabowo-Sandi sudah berdatangan ke Ibukota.

Mereka memesan dan menginap di hotel-hotel sekitar kawasan GBK. Padahal tarif hotel di kawasan tersebut jauh dari kata murah. Bisa dibayangkan sendiri, berapa okupansi dan nilai keuntungan yang didapat manajemen hotel tersebut. Ini adalah setitik berkah dari adanya kampanye akbar tersebut.

Salah satu motivasi utama dari antusiasnya masyarakat pendukung Prabowo-Sandi menghadiri kampanye akbar di GBK karena ini adalah puncak kampanye. Mereka seolah merasa tidak afdhol jika tidak ikut hadir dalam puncak kampanye karena sejak awal mereka sudah ikut kampanye Prabowo/Sandi di daerah masing-masing.

sumber foto: dokumentasi Idzhar Hasanah
sumber foto: dokumentasi Idzhar Hasanah

Seandainya boleh diibaratkan orang yang mengikuti ritual ibadah haji, haji mereka tidak sah lantaran tidak wukuf di Arafah. Nah, kampanye pasangan nomor 02 di GBK ini diibaratkan sebagai puncaknya, "wukuf di Arafah".

Jutaan massa yang menghadiri kampanye akbar Prabowo-Sandi ini juga seperti mengirim sinyal jelas dan pesan yang kuat, bahwa masyarakat menginginkan perubahan. Mereka menginginkan kemandirian bangsa dan narasi pembangunan yang mengedepankan akal sehat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3