Mohon tunggu...
Himam Miladi
Himam Miladi Mohon Tunggu... Penulis - Penulis

Penulis Konten | warungwisata.com | Email : himammiladi@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Foodie Artikel Utama

Kue Salbut, Jajanan Lawas yang Sering Salah Sebut Kini Populer Kembali

1 Maret 2019   14:08 Diperbarui: 4 Maret 2019   23:07 1448
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Penjual kue Salbut (sumber foto: dokumentasi Himam Miladi)

Meski sejak kecil sering membeli jajanan ini, baru sekarang saya tahu nama populernya; Salbut!

Memang, kue jajanan ini terbilang aneh. Teksturnya mirip dengan martabak manis atau terang bulan, tapi lebih lembut, lebih tipis dan lebih lentur. Pokoknya sejenis pancake. Saya sendiri lupa apa nama kue ini waktu masih kecil dulu. Kayaknya sih bukan Salbut.

Kue yang mirip martabak manis ini atau terang bulan ini sempat menghilang dari peredaran. Saya hanya pernah menjumpai satu - dua orang penjual cilok atau penjual sate roti (roti berbentuk bulat yang ditusuk dan ditaburi tepung gula putih) yang sekalian menjual kue ini.

Namun belakangan kue jajanan lawas ini seolah terlahir kembali. Pertama kali saya menjumpai penjualnya di kawasan Sawojajar, Malang. Ketika itu saya penasaran apa sih yang dijual orang itu kok sampai banyak pembeli yang mengerumuni?

Setelah mendekat dan terlihat, baru saya sadar kalau yang dijual itu kue jajan yang sering saya beli sewaktu masih kecil dan populer di kalangan anak-anak sekolahan. Di kaca etalase penjual, tertulis nama kuenya, Salbut.

Lah, baru tahu saya ternyata kue ini bernama Salbut. Iseng saya tanya ke penjualnya, Mas Yoyok, mengapa kue ini dinamakan Salbut?

"Gak tahu mas. Saya cuma ngikut teman-teman saja. Katanya sih karena banyak yang salah sebut," kata Mas Yoyok sambil tertawa.

Salah Sebut sampai akhirnya dinamakan kue Salbut? Karena penasaran dengan asal-usul namanya, saya mencoba googling, siapa tahu ada informasi yang lebih lengkap.

Tidak banyak yang bisa saya peroleh dari hasil googling. Ada satu postingan di akun Instagram @ngalamkuliner yang memberi informasi kalau ini kue Salbut. Di kolom komentarnya, ada yang menyanggah dan mengatakan ini kue martabak manis versi mini. Ada pula yang bilang ini kue terang bulan mini. Satu komentar mengatakan ini kue spon.

kue Salbut (sumber foto: instagram @ngalamkuliner)
kue Salbut (sumber foto: instagram @ngalamkuliner)
Perihal nama martabak manis ini juga sering terjadi kekeliruan. Meski sama-sama jenis pancake, martabak itu biasanya untuk menyebut pancake yang gurih, isinya daging ayam atau sapi dengan tekstur kulit yang sedikit keras.

Jika pancake itu manis, teksturnya lembut dan tebal, diberi topping mentega, keju, susu atau butiran coklat misis, banyak orang yang lebih suka menyebutnya kue terang bulan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun