Mohon tunggu...
Himam Miladi
Himam Miladi Mohon Tunggu... Penulis - Penulis

Penulis Konten | warungwisata.com | Email : himammiladi@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Belajar Menulis Lebih Baik Lagi Sebelum Menerbitkan Buku

6 Januari 2019   09:00 Diperbarui: 6 Januari 2019   09:28 292
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi (unsplash.com/@jonasjacobsson)

Banyak teman yang mendorong saya untuk menerbitkan sebuah buku. Alasannya,

"Kamu kan suka menulis. Sudah ribuan artikel yang kamu buat. Mengapa tidak segera menerbitkan satu buku?"

Setiap orang yang suka menulis ingin menerbitkan buku. Siapa sih yang tidak ingin namanya dikenang banyak orang, tercetak dalam sebuah buku yang bisa terjual jutaan eksemplar? Penulis mana yang tidak ingin mencapai prestasi puncak seperti yang sudah dilakukan banyak penulis dunia layaknya J.K Rowling (Fiksi) atau Michael.H. Hart (non fiksi) yang bukunya diterjemahkan dalam berbagai bahasa?

Tidak terkecuali saya. Mimpi dan harapan seperti itu bersemayam dalam periuk asa yang setiap hari saya beri api kehidupan.

Tapi, untuk urusan menerbitkan buku, saya cenderung perfeksionis. Saya tidak ingin buku saya isinya hanya republishing, atau menerbitkan ulang tulisan-tulisan yang pernah saya muat di berbagai blog.

Saya tidak ingin buku saya kelak hanya beredar di lingkungan teman sendiri, yang karena rasa tidak enak hati saja mereka mau menerima atau membelinya. Saya juga tidak ingin motivasi menerbitkan buku ini cuma karena gengsi semata, supaya dipandang orang masuk dalam daftar elit blogger/penulis yang pernah menerbitkan buku, meski cuma satu.

Mimpi saya tentang menerbitkan sebuah buku itu adalah; tidak harus terjual jutaan eksemplar, tapi setidaknya buku (yang masuk genre non fiksi) ini bisa tercantum di halaman belakang sebuah jurnal, karya tulis ilmiah atau buku lain yang bertema sejenis. Dalam arti, saya ingin buku ini kelak tercantum dalam sebuah daftar pustaka.

Sebenarnya, saya sudah memiliki draft buku yang siap cetak. Temanya tak jauh dari minat saya, tentang kopi. Komposisinya 70 persen republishing yang berasal dari berbagai tulisan yang pernah saya tayangkan di blog pribadi (termasuk Kompasiana). Sisanya adalah tulisan yang belum pernah saya publikasikan, karena saya memang sengaja menulisnya untuk keperluan buku ini.

Isi buku ini tentang mitos, sejarah dan budaya seputar kopi. Khusus untuk bagian sejarah, saya cukup yakin apa yang saya tuliskan disitu nantinya bisa dijadikan rujukan/referensi ilmiah.

Gambar pendukungnya sudah saya siapkan, hasil kreasi sendiri dan beberapa diantaranya mengambil di situs lain yang lisensinya common creative. Bahkan cover bukunya pun sudah saya buat juga. Sederhana saja seperti yang saya tampilkan di bawah ini.

desain Himam Miladi
desain Himam Miladi
(Lalu mengapa tidak juga diterbitkan? Sekarang kan lagi tren tuh penerbitan mandiri, biayanya juga tidak mahal)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun