Mohon tunggu...
Himam Miladi
Himam Miladi Mohon Tunggu... Penulis

Penulis Konten | himam.id | Email : himammiladi@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Digital Artikel Utama

Cara Menghapus Data Aktivitas Pribadi di Google Kini Lebih Mudah

25 Oktober 2018   21:43 Diperbarui: 27 Oktober 2018   20:12 3113 8 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cara Menghapus Data Aktivitas Pribadi di Google Kini Lebih Mudah
Ilustrasi: screenshot (Youtube/Google)

Sejak mengembangkan algoritma mesin pencari di dunia internet, Google melakukan segala upaya untuk memastikan bahwa hanya mereka lah yang bisa mengelola data pribadi para pengguna.

Namun kini semuanya berubah. Lewat pengumuman yang dimuat di blog Google, para pengguna mesin telusur Google, atau produk Google lainnya bisa menghapus riwayat pencarian mereka dengan mudah.

Awal tahun ini, kami meluncurkan pengalaman Akun Google baru yang menempatkan privasi dan keamanan Anda di depan dan di tengah, dan kami memperbarui Kebijakan Privasi kami dengan video dan bahasa yang lebih jelas untuk lebih menggambarkan informasi yang kami kumpulkan, mengapa kami mengumpulkannya, dan bagaimana Anda dapat mengontrolnya.

Data riwayat pencarian dari pengguna sudah lama digunakan Google sebagai alat pengeruk uang. Dengan data tersebut, para pemasang iklan di Google bisa mengarahkan sasaran iklan mereka secara tepat, sesuai dengan segmentasi pasar yang mereka inginkan. Hal ini memang tidak banyak diketahui pengguna internet, terutama bagi mereka yang awam.

Mencuatnya kasus kebocoran data kini merubah persepsi para pengguna internet, terutama media sosial. Diawali kasus penggunaan data Facebook secara ilegal oleh Cambridge Analytical, hingga yang terbaru bocornya data pengguna Google Plus.

Begitu pula dengan terkuaknya praktik pelacakan riwayat pencarian pengguna meski mereka sudah mematikan fitur lokasi Google. Pengguna internet kini sadar, data pribadi mereka rentan untuk disalahgunakan oleh para raksasa industri internet.

Desakan supaya pengguna internet diberi pilihan dengan cara yang mudah untuk menghapus riwayat data pribadi pun semakin kencang dihembuskan.

Google, yang produk-produknya digunakan oleh hampir sepertiga penduduk bumi menyadari hal ini. Melalui postingan di blog Google yang diunggah kemarin (24/10/2018), Eric Miraglia, Director of Product Management, Privacy and Data Protection Office menyatakan,

Hari ini, kami mempermudah Anda untuk membuat keputusan tentang data Anda secara langsung di dalam produk Google yang Anda gunakan setiap hari, dimulai dengan Google Search. Tanpa pernah meninggalkan Google Search, Anda sekarang dapat meninjau dan menghapus aktivitas Google Search terbaru Anda, mendapatkan akses cepat ke kontrol privasi yang paling relevan di Akun Google Anda, dan mempelajari lebih lanjut tentang cara kerja Google Search dengan data Anda.

Update terbaru dari Google ini membuat kita lebih mudah dalam mengontrol riwayat aktivitas penggunaan Google Search. Sebelumnya, kita harus membuka akun Google dahulu, lalu mengakses menu My Activity di akun Google untuk bisa menghapus riwayat aktivitas di produk Google yang kita gunakan.

Melalui perubahan ini, kita bisa mengakses menu My Activity secara langsung, tanpa harus meninggalkan laman Google Search. Bagaimana caranya?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN