Mohon tunggu...
Himam Miladi
Himam Miladi Mohon Tunggu... Penulis - Penulis

Penulis Konten | warungwisata.com | Email : himammiladi@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Fiksiana Artikel Utama

Adu Kreativitas Tagar dan Cocoklogi Usai Penetapan Nomor Urut Pilpres 2019

22 September 2018   02:30 Diperbarui: 24 November 2022   01:06 3861 9 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana Adalah Platform Blog. Konten Ini Menjadi Tanggung Jawab Bloger Dan Tidak Mewakili Pandangan Redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi partai politik.(Ilustrator: Kompas.com/Andika Bayu Setyaji) 

Komisi Pemilihan Umum sudah melaksanakan pengundian nomor urut pasangan capres-cawapres yang akan bertarung pada pilpres 2019 nanti. 

Hasilnya, pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin mendapatkan nomor urut 01, sedangkan pasangan Prabowo-Sandiaga Uno mendapatkan nomor urut 02. 

Nomor yang didapat oleh Jokowi dan Prabowo berkebalikan dengan yang mereka dapatkan saat keduanya bertarung pertama kalinya. 

Pada pilpres 2014 lalu, Jokowi mendapatkan nomor urut 2, sementara Prabowo mendapat nomor urut 1. Kedua pasangan capres-cawapres sendiri menyambut baik nomor urut yang mereka dapatkan.

Yang menarik usai pengundian nomor urut pilpres ini adalah proses kreativitas dalam mengolah kata-kata dan mencocokkan segala sesuatu dengan hasil pengundian nomor urut tersebut. 

Dengan nomor urut pilpres yang tertukar, mau tak mau masing-masing kubu harus memakai simbol yang berbeda untuk mengaitkan nomor urut yang didapat dengan filosofi dan pemikiran masing-masing. 

Pasangan Jokowi Ma'ruf misalnya, bersyukur karena pilpres digelar untuk mencari pemimpin terbaik sebagai orang nomor 1 di Indonesia. "Emang yang diperebutkan adalah RI-1," ujar Jokowi.

Begitu pula dengan partai pengusung. PKB dan Gerindra mencocokkan nomor urut pasangan capres-cawapres yang mereka usung dengan nomor urut partai dalam pemilihan legislatif. 

Seperti yang kita ketahui, PKB mendapatkan nomor urut 1, sementara Gerindra mendapat nomor urut 2. Dua partai ini sepertinya tidak kesulitan untuk menyosialisasikan nomor urut partai berbarengan dengan nomor urut capres-cawapres yang mereka usung.

diolah dari Berita Politik Kaskus.co.id
diolah dari Berita Politik Kaskus.co.id
Beberapa partai lain dengan nomor urut yang memiliki angka 1 dan 2 juga berusaha mencocokkan hasil pengundian pilpres ini. Seperti yang diposting Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Fiksiana Selengkapnya
Lihat Fiksiana Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan