Mohon tunggu...
Andi Mirati Primasari
Andi Mirati Primasari Mohon Tunggu... Full Time Blogger - i love reading and writing.. thanks Kompasiana, sudah menjadi langkah awal saya untuk mulai ngeblog..

Lahir dan besar di Makassar, dan saat ini menetap di Jakarta menjalani kesibukan sebagai seorang istri merangkap karyawati swasta.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Kontribusi Internetnya Indonesia Membentuk Masyarakat Lebih Kreatif, Inovatif, dan Mandiri

17 Juli 2022   20:35 Diperbarui: 17 Juli 2022   20:44 61 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Aktivitas Tanpa Batas adalah Cerminan Tepat untuk Pengguna Internet Era Kekinian (dokumen pribadi)

Sejak internet dan segala kemudahannya bisa diakses untuk menjamin segala aspek kehidupan semakin berjalan lancar, Aktivitas Tanpa Batas adalah cerminan realita yang saat ini semakin melekat erat dengan masyarakat urban kekinian, dari bangun tidur di pagi hari, sampai mulai terkantuk-kantuk di malam gelap. 

Dari tugas sekolah, sampai tugas dari bos di kantor. Dari kebutuhan entertainment, daily shopping, sampai ke entrepreneurship atau wirausaha. Dari mendownload atau menonton konten di dunia maya, hingga jadi kreatornya.Tanpa dibatasi jarak, masyarakat bisa berinteraksi via media sosial atau mendapatkan informasi terkini dari portal-portal berita di dunia maya, menjadi warganet yang ikut berlomba-lomba update atau mengomentari kabar terbaru artis A, politisi B, atlet C, dan lain sebagainya. 

Ada juga yang menggunakan Manfaat Internet untuk berbelanja secara lebih mudah via online shopping di berbagai platform e-commerce. Mulai dari memesan sampai membayar, semua dengan mudah bisa dilakukan dengan internet.

Seiring kemudahan jelajah internet yang seakan tanpa batas, muncul pula kekhawatiran terhadap efek konsumsi konten berbau dewasa yang seakan masih lemah limitasi maupun filterisasinya untuk anak-anak di bawah umur, begitupun dengan konten berbau perundungan atau malah provokatif yang berpotensi menyerang kesehatan mental individu dan malah memicu timbulnya perpecahan karena perbedaan prinsip atau cara pandang. 

Belum lagi jika membahas keamanan data pribadi kita di internet, menimbulkan tanya tentang bagaimana cara tepat menjaga privasi kita di dunia maya. 

Jika kemudian mulai bermunculan pegiat literasi digital ataupun komunitas bijak berinternet, rasanya sangat tepat karena memang keberadaan dan perannya dibutuhkan untuk memancing aksi kepedulian masyarakat terhadap isu penggunaan internet, positif ataupun negatifnya.

Inilah Modem IndiHome yang Biasa Ada di Rumah-rumah saat ini, termasuk Rumahku (sumber gambar: Kompas.com )
Inilah Modem IndiHome yang Biasa Ada di Rumah-rumah saat ini, termasuk Rumahku (sumber gambar: Kompas.com )
Semua tentu kembali pada diri sendiri, apa tujuan kita menggunakan internet, menambah wawasan dengan informasi baik dan selalu waspada mengontrol diri agar bisa lebih menjaga sikap saat berinteraksi atau mengakses konten di media sosial. 

Kemudahan sudah ada, bahkan IndiHome Wifi sebagai layanan praktis Telkom Indonesia turut membawa kemudahan bagi masyarakat yang membutuhkan internet sebagai penunjang gaya hidup agar lebih produktif. 

Sebagai pelanggan yang termasuk anak rumahan, Indihome turut memberi pencerahan atau inspirasi dalam aktivitas sehari-hariku, untuk membuat konten di blog atau media sosial, atau bahkan untuk berjualan agar bisa menjangkau lebih banyak pembeli di online shop-ku.

Kreativitas semakin diasah terus berkembang secara mandiri dan inovatif memanfaatkan berbagai peluang. Jika ada gangguan, istirahat sejenak dan cari solusinya. 

Seperti IndiHome andalan Internetnya Indonesia yang selalu siaga 24 jam melayani pelanggan via customer service line. Tak ketinggalan, para teknisi yang sigap datang langsung ke rumah, jadi inspirasi semangat agar selalu melakukan yang terbaik.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan