Mohon tunggu...
Priyantoilhami
Priyantoilhami Mohon Tunggu... Rapper

Seorang penulis, pembuat logo, storyteller koleksi label T-shirt.

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Temui Aku di Kompasiana

21 Maret 2021   21:09 Diperbarui: 21 Maret 2021   21:23 127 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Temui Aku di Kompasiana
pinterest.com/pin

Tidak ada yang kasih tahu bagaimana saya secara tiba-tiba menjadi seorang penulis. awal mulanya, saya hanya mengirim pesan candaan melalui media sosial, kemudian mengirim umpan balik berupa kometar dan di lanjutkan dengan merakit qoutes alias kata-kata inspiratif.anda mungkin menemui rumusan masalah seperti ini. 

Jika kamu bukan seorang pembicara yang baik maka kamu harus jadi pendengar yang baik, jika mendegar tidak membuat kamu merasa nyaman, maka menulis adalah yang paling tepat karena kita akan mendapatkan dari kedua hal tersebut, baik berbicara ataupun didengar.

Menurut saya jika saya ingin menjadi seorang pembicara ke ranah publik nanti, saya harus memulainya dengan jalan menulis. terlebih, dari tulisan ini pula orang juga akan menilai seberapa siapkah saya jika diminta untuk menjadi publik speaking walau tanpa harus berdasarkan tema.?

Karena secara umum, seorang publik speaker akan dinilai handal dalam hal berbicara melalui spotanintas mereka yang pas dan dapat memukau audience mereka sendiri. tetapi, jika demikian tidak semua orang Lho.. dapat menulis.

Adalah kompasiana yang kini menjembatani dalam hal tulis menulis meski saya sendiri kadang juga sulit mencari tema, topik dan apa yang harus saya tuliskan. keluarga saya semuanya adalah seorang pembicara, tapi mereka lebih memilih topik untuk membicarakan orang lain.

Mengutip kata-kata inspiratif dari sahabat hijab rumpi sebelah. "kurangi rasa ingin tahumu terhadap orang lain, maka gibahmu juga akan berkurang." hal ini tentunya melatar belakangi saya untuk menulis beralaskan tema yang tidak sedang membicarakan orang lain.

Sedikit di kompasiana, setiap harinya hampir ratusan artikel di ungah. setiap artikel memuat lebih dari 500-1000 kata dengan bermacam variasi seperti puisi, berita dan gaya hidup. jumlah ini tentu melebihi produksi industri musik di amerika dengan tangga lagu di setiap pekan. meskipun, saya sendiri belum juga mendapat salah satu nominasinya dengan ini.

Tapi anda juga sangat mungkin jika ingin bergabung menjadi salah satu bagaian dari kompasiana. sebagai misal, saya sering menulis di sekitar lingkungan sosial saya sendiri. maklum, karena saya sendiri jarang dekat dengan orang ataupun dengan teman-teman sepermainan.

Menulis artikel blog dengan tema, akan memberikan pemahaman kepada mereka tentang bagaimana dan apa yang ada di dalam pikiran kita. dua hal ini yang saya dapatkan, pertama membuang sisi negatif dan kedua mendapat poin dari setiap artikel yang saya tulis.

Saat mereka membaca oh. jadi ini toh, oh ternyata begini to.. saya merasa berkati oleh hal ini. karena banyak orang di luar sana masih bingung mencari bagaimana ia harus menapaki langkah hidup. anda harus jadi manusia yang seperti apa? saya harus dengan apa? mana yang baik, mana yang tidak baik?.

Oesan dari orang tua, yang penting anda tidak meningalkan dua aspek sosial penting dalam budaya jawa. yang mana keduanya selalu menjadi bahan pertimbangan saya dalam hal menulis yaitu "ajining diri soko bla bla bla.. idk.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN