Mohon tunggu...
Priyantoilhami
Priyantoilhami Mohon Tunggu... Rapper

Seorang penulis, pembuat logo, storyteller koleksi label T-shirt.

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Filosofi UPOD

31 Desember 2020   20:27 Diperbarui: 31 Desember 2020   20:30 70 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Filosofi UPOD
123rf.com

Underpromise Over Delivery, adalah merupakan strategi bisnis baik produk maupun jasa layanan dimana anda memberi persyaratan kurang tapi dengan pengerjaan lebih atau memberi janji yang kurang dengan pengiriman yang lebih. setrategi ini dikenal secara teori dimana penyedia produk dan layanan, bertujuan untuk memberikan layanan kepada pelangan yang ungul dengan melakukan lebih dari yang mereka katakan semula. tetapi tentu ini berjalan harus dengan konotasi tak terduga.

semisal anda membeli selusin kue kemudian si penjual memberi anda satu bungkus extra tambahan tentu anda akan senang akan hal itu, atau anda di janjikan paket barang yang anda beli akan dikirim dalam tempo 3 hari, tapi baru 1 hari anda sudah menerima kiriman paket tersebut, tentunya hal ini telah melampaui ekspektasi dan secara tidak langsung anda merasa sangat senang. banyak toko online diluar sana yang menyediakan pelayanan yang baik, tetapi untuk menjadi lebih baik dan tak terduga merupakan pilihan dan di butuhkan kerja keras baik anda maupun tim, yang tentu trobosan seperti ini tidak bisa selesai di pikirkan hanya dalam waktu satu malam saja.

jika anda sebagai penyedia produk atau layanan, klien ataupun pelangan anda juga akan bahagia karenanya mereka menerima lebih dari apa yang mereka harapakan. dan hal ini tentunya akan meningkatkan tambahan kepercayaan dan reputasi terhadap produk atau layanan anda secara keseluruhan. karena anda akan di lihat sebagai seorang yang benar-benar malampui batas. tapi tidak semuanya akan berjalan seperti ekspektasi, jika anda memberi pelayanan lebih misalnya anda menjanjikan dalam 3 jam, tapi dalam 1 jam anda sudah menyelesaikanya, maka untuk satu atau dua kali pelangan anda akan cukup senang.

tetapi untuk ketiga kalinya mereka mungkin akan memita selesai dalam 1 jam dan jika anda menyelesaikanya lebih dari 1 jam tentu ini akan sedikit mengurangi kepercayaan terhadap pelayanan anda berikutnya. sebuah Studi juga membuktikan tidak ada keuntungan untuk anda menjadi extra lebih, meskipun demikian untuk menjalankan strategi ini anda tentu pertama harus pandai benar melihat klien atau pelangan untuk diterapkanya, kedua lempar koin atau lebih tepatnya memilih acak kepada mereka yang ingin anda terapkan dalam tanda kutip anda tetap menjalankan prosedur awal hanya lebih untuk beberapa dari mereka. karena perlu digaris bawahi ini berjalan baik dengan tak terduga.

sebenarnya banyak pengembangan lahir dari filosofi UPOD ini, dan tentu tidak ada salahnya jika anda sebagai penyedia produk atau layanan mencoba menerapkannya. yang mana dalam banyak produk berbasis online saat ini kepuasan dan kepercayaan pelangan adalah hal yang utama. dan untuk mewujutkannya tentu anda membutukan banyak elemen, salah satunya jika produk ataupun layanan anda mengharuskan berkirim lewat paket barang tentu anda membutuhkan jasa pengiriman yang lebih baik maka JNE adalah jawabannya.

Dok. pribadi
Dok. pribadi
lebih dari tiga dekade JNE berbagi, memberi dan menyantuni. perusahaan jasa pengiriman ini bisa menjadi pilihan anda untuk berkirim paket barang, yang mana jika anda ingin mengirim barang elektronik seperti smartphone misalya, baik dari penimbangan sampai pengemasan paket sangat di perhatikan hinga jika kotak paket itu dijatuhkan dari tinggi 3 mater maka tidak merusak ataupun mengores bagaian dari dalam paket tersebut. terlebih JNE juga memberikan layanan kecepatan waktu dalam hal pengiriman paket barang. pengalaman, saya punya teman dia pernah bekerja sebagai supir truck pengangkut paket barang untuk perusahaan jasa pengiriman JNE.banyak pengalaman susah senang dia ceritakan kepada saya, dimana semisal jika anda penguna aplikasi JNE dan mengirim barang dengan mengklik tombol Expres, maka disini seorang pengemudi ditutut untuk cepat dalam mendistribusikan barang ke gudang. pernah suatu ketika teman saya mengalami kecelakaan di tengah perjalanan saat menghindari ibu-ibu matic yang ngesen kanan malah belok ke kiri hingga menabrak pohon sampai rubuh.

insiden itu mengakibatkan bagaian kepala truck tersebut rusak, kemudian teman saya di pangil ke kantor dimana dari hasil keputusan atasanya dia cuman menganti 10% dari total kerusakan truck. sedangkan untuk paket barang di pindah ke truck pengangkut yang lain, disini pihak JNE tetap memberikan jaminan pengobatan bila mana pengemudi terluka, memberi jaminan pemeriksaan terhadap kerusakan setiap paket barang setelah distribusi barang sampai ke gudang, dan menangapi apabila terjadi komplain pelangan atas terlambatnya waktu pengiriman paket barang tersebut.

dari cerita tersebut dapat disimpulkan setiap bagaian dari produksi dan layanan saling berkesinambungan dan banyak memberikan yang terbaik. bersama JNE tentu anda akan mendapatkan layanan berupa pegiriman barang yang terbaik dan terjamin. maka dari itu tidak ada salahya jika jasa pengiriman barang JNE bisa menjadi pilihan utama untuk anda dalam hal berkirim paket barang.

kini JNE juga tersedia dalam aplikasi mobile android yang dapat anda unduh di playstore, myJNE hadir dengan fitur untuk memudahkan pengiriman paket anda seperti JNE nearby, My job, cek resi dan JNE hadir dengan wallet digital untuk memberikan keamanan dan kenyamanan setiap transaksi anda.

VIDEO PILIHAN