Mohon tunggu...
Pricilya
Pricilya Mohon Tunggu... Beyond Imagination

Penulis aktif sebagai mahasiswa. Kegiatan lain yang ditekuni penulis antara lain editor dan motivator.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

5 Tragedi Ledakan Terdahsyat yang Menggemparkan Dunia

6 Agustus 2020   10:24 Diperbarui: 6 Agustus 2020   10:19 356 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
5 Tragedi Ledakan Terdahsyat yang Menggemparkan Dunia
Sumber: NETRAL.NEWS

Bencana alam merupakan suatu hal yang tidak dapat diprediksi oleh manusia, tak terkecuali ledakan yang menggguncang pemukiman dan wilayah di bumi.

Ledakan yang terjadi mampu menghancurkan wilayah masyarakat hingga memakan korban jutaan jiwa yang tak bersalah.

Berikut ledakan-ledakan yang merupakan tragedi ledakan terdahsyat di dunia:

1. Letusan Gunung Krakatau (1883)

Peristiwa dahsyat rupanya pernah terjadi di Indonesia, yakni letusan Gunung Krakatau pada tahun 1883. Ledakan yang dihasilkan oleh gunung krakatau bahkan menyebabkan gempa yang dirasakan mulai dari Autralia hingga daratan Afrika. Setidaknya terdapat 36.000 tewas dalam kejadian dahsyat dalam sejarah.

Hal lain yang mencekam pada peristiwa letusan Gunung Krakatau adalah awan debu vulkanik yang menutupi atmosfer bumi. Matahari saat itu redup hingga kegelapan melanda dunia beberapa saat.

2. Siberia (1908)

Sumber: Geo Cosmic REX
Sumber: Geo Cosmic REX
Ledakan Siberia pada tahun 1908 dikatakan sebagai ledakan terhebat era tahun 90-an. Tragedi ini bermula saat lambungan bola api berdiameter 50-100 m menghantam permukaan bumi. Akibat yang ditimbulkan yaitu terbakarnya hutan seluas 2.000 km persegi dan menghanguskan 80 juta pohon disana. Benda-benda langit yang misterius juga bejatuhan secara beriringan, seperti batu-batu. (Sumber: BBC News Indonesia)

3. Bom Hiroshima dan Nagasaki (1945)

 

Sumber: Okezone News
Sumber: Okezone News
Bangsa Indonesia sudah tidak asing dengan peristiwa ini. Kejadian pengeboman pada 6 Agustus dan 9 Agustus 1945, di dua kota penting Hiroshima dan Nagasaki ini membuat Jepang menyerah tanpa syarat pada sekutu.

Korban meninggal akibat peristiwa ini berjumlah 140.000 warga di Hiroshima dan 70.000 warga di Nagasaki. Pengeboman ini juga menghancurkan hampir seluruh bangunan penting di dua kota tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x