Mohon tunggu...
Priyono .
Priyono . Mohon Tunggu...

life is sharing the simple things

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Tips Mendapatkan Teman dan Penjelasannya Secara Ilmiah (Bag. 3)

27 Februari 2014   18:58 Diperbarui: 24 Juni 2015   01:24 39 0 1 Mohon Tunggu...

Masih lanjutan dari postingan-postingan sebelumnya. Tips yang berikut ini mungkin lebih umum, karena hampir semua dari kita sudah melakukannya, atau setidaknya pernah tahu informasi ini.

.

Sering bertemu

Pepatah Jawa mengatakan, witing tresno jalaran soko kulino. Bahwa intensitas pertemuan bisa menumbuhkan rasa ketertarikan. Namun dengan catatan: jika kesan pertama kita tidak negatif.

Jadi sebagai langkah awal tentu kita harus menciptakan momentum awal yang bagus, istilahnya 'starting minute' (kalau gak salah sih...). Yaitu penilaian awal orang lain terhadap kita pada menit-menit awal. Jangan kacaukan ini. Setelah itu perbanyak pertemuan yang "tidak disengaja". Jika kita berada dalam satu ruang atau satu kantor, langkah ini bisa dengan mudah dilakukan.

Cari persamaan

Adalah hal manusiawi ketika kita lebih merasa memiliki kedekatan emosional dengan orang lain yang memiliki kesamaan dengan kita.

Kesamaan ini bisa berupa aktifitas yang menjadi hobi, tim favorit, film atau makanan kesukaan, cara berbicara, cara berpikir, dsb. Karena kesamaan ini kita akan berpikir bahwa orang tersebut dapat memahami kita. Nah, pemahaman inilah yang kemudian memicu ketertarikan.

Jadi berusahalah untuk berbicara mengenai hal-hal yang sama-sama disukai. Penting juga untuk misalnya, menyamakan kecepatan berbicara atau gerakan tubuh saat berkomunikasi.

Namun ada catatan 'pengecualian' juga untuk poin yang ini. Bahwa sungguhpun manusia menyukai orang-orang yang memiliki kesamaan dengan dirinya, namun tidak ada orang yang suka bergaul dengan mereka yang pemurung dan pesimistis. Jadi jika kita ingin membangun sebuah persahabatan, tinggalkan itu.

Penuh semangat

Seseorang yang bersemangat bisa menularkan semangat itu kepada orang-orang di sekitarnya. Dan orang lain jelas menyukainya. Maka tampillah dengan penuh semangat dalam beraktifitas, bekerja, berkomunikasi atau -bahkan- dari cara berjalan.

Pandangan 2 menit

Sebuah pandangan mata itu bisa berbicara. Sebuah penelitian menyatakan bahwa seorang laki-laki dan perempuan yang tidak saling mengenal sebelumnya, yang saling menatap mata selama kurang-lebih 2 menit dapat membangkitkan rasa ketertarikan satu sama lain.

(Tapi untuk yang ini jangan kelamaan juga, bisa disambit ember nanti)

***



Nah, semua tips di atas dan tips-tips yang ada pada postingan sebelumnya bisa diterapkan oleh siapapun kepada siapa saja. Namun, ada beberapa poin yang telah disebutkan tidak akan berhasil maksimal jika tidak diimbangi dengan tips yang terakhir, yang saya sisakan untuk postingan berikutnya. ^_^

Jadi, sebelum kita melakukan semua proses itu, pahami dulu tips yang terakhir nanti.

Sementara ini, semoga tipsnya bermanfaat. H-hee...

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x