Mohon tunggu...
Previani Mustikartini
Previani Mustikartini Mohon Tunggu... Guru - Seorang Guru

Saya suka bertemu dengan anak-anak, mendengarkan musik dan bernyanyi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Pilihan

Cara Meningkatkan Minat Peserta Didik pada Pembelajaran IPA

6 September 2022   10:31 Diperbarui: 6 September 2022   10:34 204 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Minat peserta didik di dalam pembelajaran adalah hal yang perlu diperhatikan oleh guru. Menurut para ahli, minat dapat diartikan sebagai rasa lebih suka dan rasa keterikatan pada suatu hal atau aktivitas, tanpa ada yang menyuruh. Jadi dapat disimpulkan bahwa minat adalah hal yang dapat membuat peserta didik tertarik dengan pembelajaran. Minat peserta didik dapat disebut sebagai akar dari motivasi peserta didik. 

Apabila peserta didik memiliki minat terhadap sebuah pelajaran, mereka akan termotivasi untuk mengikuti semua proses pembelajaran dengan fokus sehingga akan mempengaruhi hasil atau prestasi belajar peserta didik. Ada beberapa hal yang bisa guru usahakan agar minat peserta didik optimal, yaitu :

1. Guru harus menyampaikan manfaat dari ilmu yang akan diajarkan untuk kehidupan nyata peserta didik

Contohnya, saat guru akan mengajarkan materi sistem pencernaan maka guru harus memberikan pemahaman kepada peserta didik bahwa peserta didik harus bisa menjaga kesehatan organ-organ sistem pencernaan agar terhindar dari gangguan atau penyakit pada sistem pencernaan. 

Berikan juga contoh beberapa macam gangguan sistem pencernaan yang tidak asing bagi peserta didik, seperti maag, usus buntu, diabetes, faktor penyebab penyakit tersebut dan bagaimana cara mengatasinya.

Ini semua akan menjadi penting bagi peserta didik jika guru juga dapat menjelaskan bahwa selain harus menjaga kesehatan diri sendiri, kita juga harus menjaga kesehatan keluarga kita dan orang-orang yang kita sayangi. 

Manfaat dari materi yang akan guru ajarkan juga bisa guru kaitkan dengan profesi yang peserta didik cita-citakan. Dengan begitu, peserta didik akan lebih bersemangat dalam pembelajaran.

2. Guru harus menerapkan metode pembelajaran yang menyenangkan dan sesuai dengan gaya belajar peserta didik

Guru perlu mengetahui karakteritik peserta didiknya. Minimal guru mengetahui gaya belajar peserta didik, berapa persen peserta didik yang memiliki gaya belajar auditori, berapa persen yang visual dan berapa persen yang kinestetik. 

Gaya belajar peserta didik bisa guru amati menggunakan indera, wawancara atau angket. Peserta didik yang memiliki gaya belajar auditori cenderung mudah memahami jika materi disajikan dengan bentuk video, radio, lagu tau nyanyian. 

Peserta didik dengan gaya belajar visual akan cenderung lebih mudah memahami materi yang disajikan dengan video pembelajaran, torso, charta maupun peta. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan