Mohon tunggu...
PRESTY SONIAAGUSTIN
PRESTY SONIAAGUSTIN Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Hukum

Mahasisswa

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Kasus Covid-19 Menurun: Ribuan Lowongan Kerja Tersedia bagi Masyarakat Jawa Tengah

15 Oktober 2021   20:20 Diperbarui: 1 November 2021   15:32 63 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Hampir 2 tahun lamanya Bangsa Indonesia berjibaku melawan Virus Covid-19. Seperti yang kita ketahui, Bangsa Indonesia menjadi salah satu Negara dengan kasus penyebaran Virus Covid-19 terbesar hingga mencapai 14.000 penambahan kasus setiap harinya.

Adanya Virus Covid-19 tentunya memberikan dampak  yang begitu besar diberbagai sektor kehidupan terutama dalam sektor Perekonomian. Perekonomian Negara Indonesia mengalami goncangan yang sungguh dahsyat dalam Masa Pandemi Covid-19, banyak Perusahaan yang terpaksa melakukan PHK massal, UMKM terpaksa gulung tikar mengakibatkan meningkatnya pengangguran yang sangat tinggi.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi  (Disnakertrans) Sakina Rosellasari mengatakan, bahwa  pengangguran di Jawa Tengah mengalami peningkatan menjadi 1.200.010 orang yang semula 800 orang yang menganggur. Hal ini disebabkan karena terimbasnya Industri padat karya oleh kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat.

Masyarakat Indonesia patut bersyukur, Bangsa ini telah mampu melawan Virus Covid-19 karena jumlah Kasus penularan Virus Covid-19 sudah mengalami penurunan yang sangat baik. Bagaikan  penyejuk di Gurun Pasir, Pemerintah sudah menurunkan Level PPKM menajadi Level 1 yang mana artinya ruang gerak masyarakat sudah tidak begitu terbatas. Tak hanya itu, kondisi ini juga menumbuhkan harapan baru bagi para korban PHK yang terkena  imbas dari Virus Covid-19. Perekonomian mulai bangkit. Khususnya dalam dunia Industri, naiknya minat serta permintaan konsumen di pasaran  membuat  banyak pabrik mulai membuka lowongan pekerjaan bagi masyarakat.

Oleh karenanya Pemerintah Jawa Tengah menyiapkan Platform Loker Online " E-MAKARYO" yang menyediakan ribuan lowongan pekerjaan bagi masyarakat untuk jenjang SD hingga Sarjana. Aplikasi berbasis web ini dibuat sangat sederhana agar dapat diakses oleh berbagai  kalangan. Cukup dengan mengetik  E-Makaryo pada laman pencarian di gawai atau komputer serta membuat akun,  masyarakat akan dapat langsung  memilih pekerjaan yang sesuia dengan jenjang pendidikan dan keterampilan yang dimiliki

Adanya Paltform Loker Online " E-Makaryo" ini Pemerintah  Jawa Tengah berharap dapat mengurangi tingkat pengangguran di daerah Jawa Tengah sehingga dapat  meningkatkan perekonomian Daerah Provinsi Jawa Tengah.  Dengan ini juga, diharapkan pula bagi masyarakat untuk selalu bergerak aktif dalam menjemput bola agar dapat mengembalikan keadaan perekonomian keluarga. Tak hanya itu, Pemerintah juga akan berusaha semampu mungkin agar hak-hak para Pekerja dapat dipenuhi oleh perusahaan agar tidak terjadi lagi perampasan hak pekerja khususnya buruh oleh pihak perusahaan.

Penulis :Dr. Ira Alia Maerani S.H.,M.H (Dosen Fakultas Hukum Universitas Islam Sultan Agung) dan Presty Sonia Agustin (Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Islam Sultan Agung)

Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan