Prio Danny K
Prio Danny K Copywriter

Just Keep Moving Forward

Selanjutnya

Tutup

Tekno Artikel Utama

Pemindai Wajah iPhone X Bisa "Ditipu" dengan Topeng Canggih

15 November 2017   10:55 Diperbarui: 15 November 2017   19:54 1757 4 1
Pemindai Wajah iPhone X Bisa "Ditipu" dengan Topeng Canggih
Sumber: Reuters

Adalah Bkav, sebuah perusahaan cyber security asal Vietnam yang mengklaim mampu menembus pengunci layar iPhone X melalui fitur Face ID. Dengan menggunakan sebuah topeng berbentuk potongan wajah, teknik tersebut sukses membuka kunci layar iPhone X dengan cepat meski bukan menggunakan wajah pengguna aslinya.

Secara teknis, topeng tersebut sengaja dirancang semirip mungkin dengan wajah sang pemilik untuk diujicobakan pada kamera TrueDepth yang mengakomodasi fitur Face ID pada Iphone X. Dengan menggunakan desain kombinasi cetak 3D, makeup, dan gambar 2D, topeng tersebut diolah dengan teknik khusus, terutama pada bagian disekitar wajah, kulit dan hidung dengan menggunakan bahan silikon.

Sumber: longislandtechnologynews.com
Sumber: longislandtechnologynews.com

Hasilnya pun cukup mengejutkan. Pada video di bawah ini, salah seorang peneliti melakukan dua kali percobaan. Pertama dengan menggunakan topeng buatan, yang kedua menggunakan wajah asli miliknya sendiri. Terlihat, layar pengunci pada Iphone X tersebut suksex terbuka dengan lancar seolah-olah dibuka dengan menggunakan wajah yang asli.

Bkav yang menghabiskan biaya 150 Dollar AS untuk membuat topeng tersebut, masih terus melakukan penelitian lebih lanjut mengenai ujicoba yang masih sebatas konsep tersebut. Pada laman FAQ di situs resminya, Bkav berkata, "Para pemimpin Negara, pemimpin perusahaan besar, atau eksekutif, adalah orang-orang yang perlu tahu tentang masalah ini. Mungkin eksploitasi teknis semacam ini sangat sulit bagi pengguna biasa, tapi sangat sederhana untuk orang-orang profesional yang ahli".

Sekedar info, iPhone X yang telah dirilis beberapa pekan lalu, merupakan smartphone pertama yang mengaplikasikan teknik pencocokan wajah dengan fitur Face ID untuk menjaga kemanan pengguna. Selain itu, ponsel dengan harga selangit tersebut mempunyai desain yang bezeless yang cukup unik sehingga banyak ditunggu-tunggu oleh para Apple Fanboy

Sumber: Mirror.co.uk
Sumber: Mirror.co.uk

Pihak Apple sendiri pernah menerbitkan dokumen teknis yang berisi cara kerja dan teknik yang digunakan pada sensor pencocokan wajah. Kamera TrueDepth pada iPhone X dirancang secara khusus untuk mengenali jaringan saraf pada kulit dan bentuk wajah. Teknik ini juga memungkinkan untuk mencegah membuka paksa ponsel secara ilegal dengan foto maupun manipulasi lainnya.

TrueDepth camera sensor part. Sumber: cnet.com
TrueDepth camera sensor part. Sumber: cnet.com

Ketika memperkenalkan iPhone X pada bulan September, eksekutif Phil Schiller mengatakan, para insinyur di Apple telah bekerjasama dengan pembuat topeng profesional dan seniman makeup di Hollywood untuk melindungi upaya mengelabui sistem Face ID dengan menggunakan wajah palsu atau imitasi. 

Sumber: wsj.com
Sumber: wsj.com

Namun, Schiller juga mengakui bahwa tidak ada sistem biometrik yang sempurna, termasuk hal ini adalah fitur Face ID. Tercatat perbandingan seseorang yang mampu menembus kunci layar iPhone X dengan Face ID adalah 1:1.000.000.  Dibandingkan denngan fitur Touch ID yang mempunyai skala 1:50.000 kemungkinan untuk ditembus secara ilegal.

Video: Youtube Channel Bkav