Mohon tunggu...
Prayitno Ramelan
Prayitno Ramelan Mohon Tunggu... Tentara - Pengamat Intelijen, Mantan Anggota Kelompok Ahli BNPT

Pray, sejak 2002 menjadi purnawirawan, mulai Sept. 2008 menulis di Kompasiana, "Old Soldier Never Die, they just fade away".. Pada usia senja, terus menyumbangkan pemikiran yang sedikit diketahuinya Sumbangan ini kecil artinya dibandingkan mereka-mereka yang jauh lebih ahli. Yang penting, karya ini keluar dari hati yang bersih, jauh dari kekotoran sbg Indy blogger. Mencintai negara dengan segenap jiwa raga. Tulisannya "Intelijen Bertawaf" telah diterbitkan Kompas Grasindo menjadi buku. Website lainnya: www.ramalanintelijen.net

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Ketika Cinta Laura Berbicara Moderasi Agama

14 November 2022   12:05 Diperbarui: 14 November 2022   15:55 236
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(KOMPAS.com/DIAN REINIS KUMAMPUNG ) 

Kita umumnya tahu Cinta Laura merupakan artis cantik terkenal yang kalau bicara bahasa Indonesia logatnya unik, khas seperti orang Barat. Kemarin Pray dapat kiriman video dimana Cinta Laura berpidato di hadapan beberapa pejabat/menteri untuk mewakili generasi muda tentang moderasi beragama, dalam acara Malam Peluncuran Moderasi Beragama, 22 September 2021 lalu.

Penulis terkejut, ternyata artis satu ini mampu berpidato dengan lancar, wawasan yang luas, komprehensif. Di tahun politik saat ini banyak elit di negeri ini berfikir dan bertindak dengan wawasan sempit sektoral, umumnya lebih mementingkan diri dan kelompoknya.

Cinta Laura diminta mewakili kaum muda, menanggapi meluasnya intoleransi di kalangan masyarakat. Kita tahu bahwa intoleransi adalah sikap abai atau rasa ketidakpedulian terhadap eksistensi orang lain.

Intoleransi seringkali tidak manusiawi sehingga memicu konflik dan kebencian atas sebuah perbedaan. Lebih khusus sikap intoleran umat beragama yang terjadi dan terus meluas bila dibiarkan dan berbahaya bagi stabilitas negara.

Oleh karena itu para pejabat ingin mendengar apa pandangan kaum muda tentang moderasi beragama.

Nah, si cantik yang mulai beranjak dewasa ini, dalam pidatonya menggugah membangunkan para elit, politisi, pendidik, ahli agama, dan orang pintar lainnya dengan rangkaian kata-katanya yang indah dan tertata.

Ini sampel, seorang generasi penerus, terdidik di luar dalam dan luar negeri, sudah menjadi ilmuwan dan mampu melihat persoalan bangsa Indonesia dari sudut pandang yang paling mendasar.


Cucu Komandan Kopasgat

Cinta Laura Kiehl Lahir di Quakenbrck, Jerman pada tanggal 17 Agustus 1993, dan dibesarkan di Luar Negeri. Kalau bicara logat dan aksen bicaranya unik, antara bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun