Mohon tunggu...
Prayitno Ramelan
Prayitno Ramelan Mohon Tunggu... Tentara - Pengamat Intelijen, Mantan Anggota Kelompok Ahli BNPT

Pray, sejak 2002 menjadi purnawirawan, mulai Sept. 2008 menulis di Kompasiana, "Old Soldier Never Die, they just fade away".. Pada usia senja, terus menyumbangkan pemikiran yang sedikit diketahuinya Sumbangan ini kecil artinya dibandingkan mereka-mereka yang jauh lebih ahli. Yang penting, karya ini keluar dari hati yang bersih, jauh dari kekotoran sbg Indy blogger. Mencintai negara dengan segenap jiwa raga. Tulisannya "Intelijen Bertawaf" telah diterbitkan Kompas Grasindo menjadi buku. Website lainnya: www.ramalanintelijen.net

Selanjutnya

Tutup

Healthy Artikel Utama

Cara Saya Memperbaiki Metabolisme Tubuh dengan Diet

11 Agustus 2022   10:26 Diperbarui: 12 Agustus 2022   04:03 803 15 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi makanan sehat. (sumber: karandaev via kompas.com)

Memiliki badan ramping tanpa tumpukan lemak perut sudah pasti menjadi impian banyak orang. Sering orang tidak peduli dan tidak sadar bahwa tubuhnya terus jadi gemuk tetapi tidak tahu bagaimana agar kurus. Lemak terus bertambah dari hari ke hari.

Penumpukan lemak, terutama di perut bisa dipengaruhi oleh banyak hal, mulai dari faktor genetik hingga terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak. 

Mereka yang gemuk berusaha keras umumnya berolahraga, berharap bisa kurus, tetapi tanpa disadari nafsu makannya tidak dikendalikan, jadilah dia kelompok "ngawulo waduk". 

Selain itu ada yang berusaha kurus dengan ikut program diet. Dimana banyak program diet ditawarkan dengan berbagai metode terutama untuk mengecilkan perut bagi pria, lengan dan paha bagi wanita.

Bahaya Lemak Berlebih

Sebuah pertanyaan, apakah Anda tahu bahwa badan yang tambun dan di bawah perut buncit ada bahaya yang sering tidak kita ketahui. Penulis mempelajari dari literatur dan teori kedokteran (Alodokter) dan akhirnya memutuskan ikut program diet untuk memperbaiki metabolisme

Di usia hampir 75 th, dengan berat 102 kg. Rasanya berat membawa badan, saat golf terengah- engah. Kata teman, sepertinya ke mana-mana harus menggendong semen satu zak. Ternyata secara teori, yang harus dikurangi ada dua macam lemak di tubuh mereka yang gendut, buncit, dan nyempluk ekstrem.

Dua Macam Lemak

Lemak dalam jumlah tertentu sebenarnya sangat diperlukan oleh tubuh kita, sebagai sumber energi, menunjang fungsi otak, membantu penyerapan vitamin, menunjang produksi hormon dan pertumbuhan sel.

Namun demikian, bila jumlah lemak berlebihan terutama lemak pada rongga perut akan sangat berbahaya bagi tubuh kita.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan