Mohon tunggu...
Prayitno Ramelan
Prayitno Ramelan Mohon Tunggu... Tentara - Pengamat Intelijen, Mantan Anggota Kelompok Ahli BNPT

Pray, sejak 2002 menjadi purnawirawan, mulai Sept. 2008 menulis di Kompasiana, "Old Soldier Never Die, they just fade away".. Pada usia senja, terus menyumbangkan pemikiran yang sedikit diketahuinya Sumbangan ini kecil artinya dibandingkan mereka-mereka yang jauh lebih ahli. Yang penting, karya ini keluar dari hati yang bersih, jauh dari kekotoran sbg Indy blogger. Mencintai negara dengan segenap jiwa raga. Tulisannya "Intelijen Bertawaf" telah diterbitkan Kompas Grasindo menjadi buku. Website lainnya: www.ramalanintelijen.net

Selanjutnya

Tutup

Politik Artikel Utama

Takdir Prabowo, Akankah Jadi Presiden Pada 2024?

8 Agustus 2022   09:48 Diperbarui: 9 Agustus 2022   09:01 1215 13 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto saat menjadi pembicara dalam acara Silaturahmi Nasional Persatuan Purnawirawan TNI AD (PPAD) Tahun 2022 yang turut dihadiri Presiden Joko Widood di Sentul International Convention Center, Bogor, Jawa Barat, Jumat (5/8/2022). (Tim media Prabowo Subianto via kompas.com)

Presiden Jokowi menghadiri Silaturahmi Nasional (Silatnas) Persatuan Purnawirawan TNI AD (PPAD) di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, pada hari Jumat (5/8). 

Silatnas dan HUT ke-19 PPAD yang dihadiri lebih dari 8.000 purnawirawan TNI AD (masuk MURI) mengangkat tema "Memperkokoh Persatuan Untuk Kemakmuran Bangsa".

Dalam sambutannya Presiden Jokowi menyampaikan ucapan terima kasih atas pengabdian para purnawirawan selama masa aktif maupun setelah purnatugas. Presiden mengatakan pensiun purnawirawan yang relatif kecil akan ditanyakan ke Menku.

Bagian menarik lain pada Silatnas adalah sambutan Menhan Prabowo yang tetap energik, dimana dalam perjalanan hidupnya, dia ditakdirkan jadi tokoh nasional. 

Pernah menjadi pejabat tinggi TNI, pernah nyawapres, nyapres, dan kini menjadi Menhan (menteri Triumvirat dengan Menlu dan Mendagri). 

Muncul di abstrak penulis sebuah pertanyaan, "Apakah dia ditakdirkan jadi Presiden RI pada 2024?". 

Fakta survei sudah ada, Prabowo sebagai calon kuat bersama Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan yang kini elektabilitasnya di tiga besar. Kita percaya takdir, tapi tahu takdir seseorang bila hal tersebut sudah terjadi. Takdir tetap merupakan rahasia Allah.

Penulis pertama mengenal Prabowo pada tahun 1978 saat sama-sama sekolah intel di Pusdik Intel ABRI Bogor, waktu yang sama hanya beda jurusan. Prabowo berpangkat Lettu Kopassandha (Kursus Perwira Penyelidikan) dan penulis, Lettu AU (Kursus Perwira Penggalangan). 

Penulis dalam penugasan di Satgasud Latma Indonesia- Malaysia (sbg intel udara) pernah bersama-sama dalam latihan di Pulada Malaysia antara Batalyon 328 (Pimpinan Prabowo) dengan Ranger Malaysia, dalam menerjunkan pasukan Yon 328 di sebuah DZ Malaysia.

Pada suatu hari (waktu lupa) saat menjabat sebagai Kadispamsanau, penulis pernah mendampingi Kabais TNI, Marsdya Ian Santoso dalam pertemuan di sebuah hotel di Singapore dengan Pak Luhut Panjaitan Dubes RI di Singapore yang bersama Prabowo, untuk security clearance Bais sebelum Prabowo kembali ke Indonesia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan