Mohon tunggu...
praycel kalalo
praycel kalalo Mohon Tunggu... praycel

don''t be afraid

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

Pergaulan yang Menjerumuskan

22 Juni 2019   21:19 Diperbarui: 22 Juni 2019   21:20 0 1 1 Mohon Tunggu...

Pergaulan merupakan suatu proses interaksi antara individu atau individu dengan kelompok dimana seseorang memainkan peranan penting dalam kehidupan tiap orang. Pergaulan positif berupa kerjasama antara antar individu atau kelompok yang berguna, sedangkan pergaulan negatif lebih mengarah pada pergaulan yang bebas yang belum dapat mengetahui baik atau tidaknya perbuatan itu.

Masa remaja adalah masa yang paling berpengaruh dalam pergaulan bebas ini. Remaja adalah generasi penerus yang akan membangun bangsa kearah yang lebih baik yang mempunyai pemikiran jauh ke depan dan kegiatannya dapat menguntungkan diri sendiri, keluarga, dan lingkungan sekitar. Maka dari itu pada saat ini banyak remaja yang terjerumus dalam pergaulan bebas.

Pergaulan bebas sudah banyak sekali merenggut masa depan para generasi penerus bangsa ini. Semakin lama semakin banyak masa depan remaja yang akan hancur dan hilang dengan sia-sia. Dari pergaulan-pergaulan ini banyak anak muda yang terjerumus dalam hal-hal yang tidak baik.

Ada banyak penyebab remaja melakukan pergaulan bebas, penyebabnya mungkin berbeda-beda, tetapi semuanya berawal dari kurangnya pandangan hidup dalam hal agama dan tingkat emosional.

  • Rendahnya taraf pendidikan keluarga, seperti halnya keluarga membiarkan anaknya berpacaran tanpa pengawasan yang dapat menyebabkan anak terjerumus kedalam pergaulan bebas.
  • Kurang berhati-hati dalam berteman, dimana seorang teman membawa kita atau menuntun kita kearah yang negatif.

Dari dampak pergaulan ini dapat memberikan pengaruh buruk bagi diri sendiri, orang tua, dan masyarakat.

Dari penyebab tersebut, ada juga beberapa cara menghindari pergaulan bebas ini.

  • Mengisi waktu luang dengan melakukan kegiatan positif
  • Cara bergaul
  • Komunikasi dan keakraban terhadap orang tua dan terhadap anak
  • Lingkungan
  • Membatasi waktu untuk keluar rumah
  • Pacaran yang sewajarnya
  • Menjaga iman dan selalu mendekatkan diri pada Tuhan
  • Mengingat tujuan awal untuk masa depan
  • Menolak ajakan yang merugikan

Peran keluarga lah yang sangat dibutuhkan dalam pencegahan pergaulan bebas ini, karena keluarga yang akan selalu mengingatkan akan bahaya dari pergaulan bebas tersebut, dan yang akan selalu membimbing untuk memilih jalan yang benar.

Maka sebagai anak muda harus meyakinkan bahwa pergaulan bebas hanya akan membawa dampak yang buruk dan kehancuran bagi kehidupan terlebih lagi masa depan kita. Sebaiknya kita harus menjauhkan diri dari pergaulan bebas, kita akan hidup dengan tenang dan sejahtera, kita bisa mencapai cita-cita setinggi-tingginya dengan kerja keras dan terlebih lagi doa tanpa ada suatu hambatan, dan tentunya kita dapat menghasilkan hal-hal yang positif dan dapat membanggakan diri sendiri, orang tua, dan bangsa.

Banyak sekali hal-hal posotif yang dapat kita lakukan demi menjauhi buruknya pengaruh dari pergaulan bebas ini. Maka mulai dari sekarang,sebagai anak muda kita harus bisa membedakan mana yang benar dan mana yang buruk.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x