Mohon tunggu...
Pratama Dimas Aldi
Pratama Dimas Aldi Mohon Tunggu... Mahasiswa Aktif Universitas Negeri Malang

Hallo.. saya Dimas Aldi Pratama, saya masih berstatus menjadi mahasiswa aktif di jurusan sosiologi Universitas Negeri Malang, hoby saya Traveling.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Webinar "Be Smart and Confident Public Speaker"

28 Oktober 2020   10:37 Diperbarui: 28 Oktober 2020   10:48 50 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Webinar "Be Smart and Confident Public Speaker"
Sumber : Dokumentasi HMJ Sosiologi 2020

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) sosiologi, fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Malang melalui bidang penalarannya mengadakan webinar dengan tema "Public Speaking  Be a Smart and Confident Public Speaker"   dengan fasilitas e-sertikat, relasi, dan pengetahuan yang bermanfaat bagi peserta, yang mana ketua pelaksana dari kegiatan ini yaitu Dimas Aldi Pratama. namun hal ini bukan kali pertama HMJ sosiologi mengadakan kegiatan webinar, tercatat dalam program kerja HMJ sosiologi webinar kali ini merupakan webinar ke empat, setelah sebelumnya yang pertama dilaksanakan oleh bidang bakat minat dengan tema "Pemuda dan Tanggung Jawab Sosial. yang kedua, yaitu dari bidang Humas dengan tema" Strategi Manajemen dalam Oraganisasi Produktif di Masa Pandemi". yang ketiga, bidang kewirausahaan dengan tema "Menumbuhkan  Jiwa Enterpreneur Muda yang Kreatif dan Inovatif di Tengah Pandemi Covid 19" webinar yang telah di laksankan oleh HMJ sosiologi sesuai bidang masing masing sesuai struktur organisasi HMJ sosiologi.

       Kondisi pandemi yang muncul dengan adanya wabah Covid-19 pada awal tahun 2020 di Indonesia, membuat pemerintah pada akhirnya mengeluarkan himbauan untuk melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Semua aktivitas yang di luar kini dialihkan ke daring guna memutuskan tali rantai covid 19, Sebagian besar institusi perguruan tinggi yang sebelumnya melakukan kegiatan belajar dan mengajar melalui tatap muka di perguruan tinggii masing-masing, sekarang harus bisa cepat beradaptasi dengan lingkungan baru menggunakan model pembelajaraan e-learning/daring.

       Dengan kondisi seperti ini kemampuan individu untuk berbicara dan berkomunikasi sangatlah dibatasi oleh keadaan akibatnya interaksi antar individu, interaksi antar kelompok, interaksi kelompok dengan kelompok berkurang selagi bisa interaksi hanya sebatas virtual  dan rasanya pun berbeda ketika bertemu dan berinterasi langsung. Sebagai wujud aktualisasi dari Tridharma Perguruan Tinggi, Himpunan Mahasiswa Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang berinisiatif untuk dapat tetap melaksanakan kegiatan kemahasiswaan berbasis online salah satunya melalui WEBINAR NASIONAL yang dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa di Indonesia.

                                                                                                            

Kegiatan yang akan dilaksanakan dengan tema tersebut mempunyai dasar hukum,  yaitu peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2012 tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Negeri Malang, dan Keputusan Rektor Universitas Negeri Malang Nomor 13/KEP/UN32/KM/2012 tentang Pedoman Organisasi Kemahasiswaan Universitas Negeri Malang Tahun 2012.

       Dalam webinar ini turut mengundang bapak Dr. I Nyoman Ruja S.U. selaku wakil dekan tiga fakultas ilmu sosial Universitas Negeri Malang sekaligus memberi sambutan dan membuka acara pada webinar kali ini, selanjutnya Mengundang pak Deny Wahyu Apriadi S.Ant., M.A. Selaku pembina HMJ sosiologi.

       Dan tak lupa para pemateri yaitu Bu Winda S.I.Kom.,M.Si selaku dosen sosiologi, mas Bara Zulva News Anchor, VO Tallent, dan Master Of Ceremony serta mas Mohammad Abdul Rozaq wakil ketua BEM FIS 2019 dan juara 1 lomba presenter jawa timur, agar lebih dekat panggil saja dengan sebutan Bu Winda, mas Bara dan mas Dul.

       Pada webinar kali ini akan di pandu oleh MC yang bernama Tasya Kartika Chandra, serta moderator yang  yang bernama Adinda Wiresti Saputri sebagi mahasiswa sosiologi, dan pada kesempataan kali ini Bu Winda selaku dosen sosiologi membawakan materi tentang "Public Speaking dalam persepektif Ilmu Komunikasi", Mas Bara membawakan materi "Dasar Public Speaking", dan tak kalah menarik juga mas Dul tentang "Cara Mengatasi Nervous dan Gugup saat Berbicara Didepan Umum" materi materi yang disampaikan oleh pemateri cukup jelas dan memukau para peserta webinar dengan suara khas dari mas Barra, pemaparan materi bu winda mengenai tinjauan public speaking, dan pembawaan presentasi mas Dul yang sangat menarik di lihat.

       Kegiatan webinar ini akan dilaksanakan pada pagi hari jam 09:00 WIB hari Sabtu 24 - Oktober - 2020 jam 09:00 malalui daring di tempat kediaman masing masing peserta. Para peserta webinar dengan tema Public spaker "Be a smart and confident Public speaking" Semenjak pamflete webinar di publish ke dunia maya hari Minggu tgl 18 Oktober 2020 antusiasme para peserta untuk mengikuti webinar ini sangatlah banyak, terhitung 2 hari kedepan setelah publish pamflet, tepatnya per tgl 20 Oktober 2020 telah ditutup pendaftaran karena kuota telah maksimal sebesar 257 orang. Menurut  kesekertariat panitai webinar Salsabila Malicha Putri, dengan sebutan Icha, mengungkapkan bahwa para peserta yang masuk digrup WA sebanyak 240 termasuk panitia 3 orang didalamnya kurang 17 orang lagi yang belum masuk grup karena terkendala teknis saat pendaftaraan.

Dalam kegiatan webinar berlangsung para peserta webinar di minta untuk tetap menyalakan kamera agar fokus peserta dalam webinar tidak kemana mana aritinya tetap memperhatikan materi yang di sampaikan oleh pemateri selain itu materi pada webinar kali ini tidak dapat disebarluaskan artinya tidak dikirimkan ke peserta, jika materi tersebut dirasa butuh oleh peserta di harapkan untuk menulis poin poin yang sekiranya penting.  

Adapun tujuan dalam kegiatan ini yaitu

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN