Mohon tunggu...
Prastiwo Anggoro
Prastiwo Anggoro Mohon Tunggu... Insinyur - ingenieur

Seorang pemerhati lingkungan, budaya dan sumber daya manusia. Aktif di perkumpulan kepemudaan, Keinsinyuran, Lingkungan dan Pendidikan. Memberikan kontribusi melalui infiltrasi ke generasi muda dan berusaha menulis satu topik setiap minggu sekali.

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Awas Penipuan melalui Lowongan di REA Plantation

27 Maret 2019   21:26 Diperbarui: 28 Maret 2019   08:56 334
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jam 3 subuh, ponsel saya berdering. SMS lowongan pekerjaan  dari Daniel Wijaya Recruitment Manager dari REA plantation. Hal ini menggagetkan saya, Lowongan pekerjaan apa di jam 3 subuh. 

Dalam hati saya, terbesit tawarain ini adalah sebuah penipuan.  Oleh karena saya ingin menggali jaringan penipuan ini lebih jauh, saya memposisikan diri untuk merespons dari SMS tersebut.

Alhasil, mendapat balasan dari Email Daniel Wijaya untuk wawancara di Jakarta dan di email tersebut mencantum kan travel agent yang harus di hubungi utk reservasi tiket. saya mencoba menggali lebih dalam lagi bagaimana jaringan ini bekerja, saya menelpon nomer tersebut atas nama John Kayah dari Borneo Tours. 

Response Email
Response Email
Setelah menelpon dan memastikan kedatangan saya, saya di minta untuk mentransfer uang tiket pesawat dengan alasan akan di reimburse ke REA Plantation saat di Jakarta nanti nya dan deadline nya di jam 5 sore. 

Tentu saja via phone saya iyakan namun kenyataannya saya tidak lakukan. Setelah jam 5 sore nomer telepon tersebut saya block dan saya laporkan sebagai penipuan via LAPOR.Co.Id. 

SMS dari Agen Travel
SMS dari Agen Travel
Berikut yang harus di cermati oleh para job seekers sbb :

1. Awasi Email dari para recruitment manager, Biasa nya Perusahaan Besar mempunyai email dengan   alamat website perusahan tersendiri tidak menggunakan dari provider free acount seperti yahoo, gmail dan lain sebagainya.

2. Awasi apabila Email menyertakan travel agent yang harus di hubungi 

3. Account bank yang di gunakan untuk travel agent bukan merupakan account resmi namun account pribadi

  Account OCBC NISP, atas nama : Thereisa Amalia Widiawati ( No Rek : 103810237406), check via https://cekrekening.id/ ada laporkan tentang rekening tersebut.

4. Nomer hp tidak tercantum ke dalam WA, ini salah satu yang mencurigakan saya, setelah saya check nomer tersebut tidak mempunyai WA account. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun