Mohon tunggu...
Prastiwo Anggoro
Prastiwo Anggoro Mohon Tunggu... SARJANA TEKNIK SIPIL

Seorang pemerhati lingkungan, budaya dan sumber daya manusia. Aktif di perkumpulan kepemudaan, Keinsinyuran, Lingkungan dan Pendidikan. Memberikan kontribusi melalui infiltrasi ke generasi muda dan berusaha menulis satu topik setiap minggu sekali.

Selanjutnya

Tutup

Finansial

Pertamax Naik, Take it Easy Guys!

17 Oktober 2018   10:25 Diperbarui: 17 Oktober 2018   11:01 369 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pertamax Naik, Take it Easy Guys!
Harga Pertamax Plus Di tahun 2016

SPBU dalam 3 hari terakhir di penuhi oleh antrian kendaraan utk mengisi BBM. Yg menjadi Primadona adalah premium. Salah satu BBM yg harga nya tidak berubah dan keputusannya menjadi topik politik akhir-akhir ini.
Saya mempunyai dokumentasi saat tahun 2016, harga pertamax plus seharga :Rp. 8400 per liter, Terakhir tgl 15 oktober 2018, harga pertamax plus telah mencapai Rp. 12650 per liter

Sumber: dokpri
Sumber: dokpri
Berarti kenaikan telah mencapai 150%, hal ini di sebabkan banyak hal dan yang paling dominan kenaikan harga minyak dunia.  Namun Efek yg terjadi paling dekat yaitu antrian kendaraan bermotor beralih ke pompa premium.
Tahun 2016, harga minyak dunia per barrel mencapai USD 42.17 per barrel  (oktober 2016) sedangkan di september 2018 telah menyentuh harga USD 74.88 per barrel. Persentasi kenaikan mencapai 177%,  dari 2 persentase di atas ada selisih sebesar 27% per liter. 

Sebagai pengguna kendaraan berm0tor roda 4, BBM telah menjadi pengeluaran rutin perbulan. Akan tetapi melihat perkembangan dalam beberapa waktu belakangan ini terutama mengenai keberhasilan penyelenggaraan 2 event, olah raga yaitu asian games dan asian para games. 

Tidak tanggung tanggung selain sukses tuan rumah, keberhasilan team atlit indonesia untuk masuk dalam 5 besar untuk event olah raga international terbesar se Asian adalah prestasi membanggakan. Di tambah bonus utk para atlit yg telah selama ini berjuang atas nama negara dan bangsa indonesia, (dalam hati dari pada di korupsi).

Kenaikan dari BBM selain dari premium, merupakan sesuatu yg harus di terima bagi pengendara roda 4 seperti saya. Dari pada berbondong bondong mengantri di tangki premium, lebih baik tetap menggunakan pertamax cs seperti biasa nya. Namun lakukan penghematan di sisi lainnya. Seperti beberapa cara di bawah ini :
1. Makan siang, di usahakan jangan memakai kendaraan bermotor, cukup pesan lewat aplikasi online.
2. Pakailah motor (kendaraan roda 2) apabila jarak yg akan di tempuh kurang dri 30 menit dgn kecepatan 40 km /jam
3. Servis kendaraan roda 4 berkala agar kinerja mesin tetap terjaga
4. Kurangi pemakaian mobil di malam hari apabila tidak di perlukan.
5. Perbanyak menggunakan sepeda. (seperti masa kecil.)

Dari alasan-alasan di atas, sudah selayaknya kita pengguna kendaraan bermotor "legowo" dengan kenaikan harga BBM. Tidak Perlu grasa-grusu , tetap berpositif thinking serta me-reschedule kembali penggunaan kendaraan bermotor. hidup lebih "hijau", so BBM naik take it easy guys.

untuk indonesia yang lebih baik 

VIDEO PILIHAN