Mohon tunggu...
Prastiwo Anggoro
Prastiwo Anggoro Mohon Tunggu... SARJANA TEKNIK SIPIL

Seorang pemerhati lingkungan, budaya dan sumber daya manusia. Aktif di perkumpulan kepemudaan, Keinsinyuran, Lingkungan dan Pendidikan. Memberikan kontribusi melalui infiltrasi ke generasi muda dan berusaha menulis satu topik setiap minggu sekali.

Selanjutnya

Tutup

Karir

Pelatihan SIBIMA Tenaga Ahli Konstruksi di Universitas International Batam

28 September 2018   10:44 Diperbarui: 28 September 2018   11:03 0 0 0 Mohon Tunggu...
Pelatihan SIBIMA Tenaga Ahli Konstruksi di Universitas International Batam
Panitia, Tamu Undangan, dan Peserta Pelatihan

Bertempat di salah satu Gedung fakultas teknik Universitas international batam, pada tanggal 26 september 2018, di adakan acara pelatihan penggunaan SIBIMA (sistem informasi belajar intensif mandiri) yang di fasilitasi oleh Universitas International Batam dan Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan Provinsi Kepulauan Riau.

Terobosan baru dari kementerian  pekerjaan umum dan perumahan rakyat, sebagai fasilitas pelatihan jarak jauh (distance learning) di bidang konstruksi. Acara di hadiri, Bpk. Dian Martaries, ST.MT selaku ketua Panitia, Dekan fakultas teknik sipil bpk. Dr Ir Mulia Pamadi, M.M., M.Hum, Ketua Tim Pembina Jasa Konstruksi Pemprov Kepri bpk. Drs. H Syamsul Bahrum, M.Si. Ph.D dan tamu undangan.

Ketua Panitia, bpk Dian Martaries, ST. MT melaporkan bahwa kegiatan pelatihan ini di hadiri oleh lebih 100 sarjana teknik. Dalam sambutannya, Dekan fakultas teknik sipil beliau Dr Ir Mulia Pamadi, M.M., M.Hum bahwa kedepannya kemampuan akan lebih condong ke AI , sedangkan manusia akan lebih terasa di keterampilan serta attitude yg menjadi tolak ukur (referensi tulisan saya di sini ).

Dilanjutkan oleh Bpk. Drs. H Syamsul Bahrum, M.Si. Ph.D Bpak pembina, memberikan sebuah contoh yg menggelitik yaitu saat seorang suami harus menyerahkan istri ny yg hamil ke pada dokter spesialis kandungan . Dalam hal ini dapat di ambil kesimpulan, dgn keterampilan yg di sertai keahlian akan memberikan nilai tambah kepada seorang sarjana teknik di dalam dunia yg berubah begitu cepat saat ini.

SIBIMA (sistem informasi belajar intensif mandiri) Bagi Tenaga Ahli Konstruksi

Spanduk SIBIMA (dokpri)
Spanduk SIBIMA (dokpri)

Berdasarkan Perlem LPJKN Nomor 5 Tahun 2017, mempermudah bagi masyarakat konstruksi untuk melakukan sertifikasi SKA Muda di bidang konstruksi. Ada 3 jalur sertifikasi yaitu jalur umum dengan metode tatap muka (Mengikuti Pelatihan Ahli Teknik Bangunan Gedung - Referensi di sini), Jalur umum melalui Distance learning SIBIMA dan jalur percepatan untuk freshgraduates (Lulusan Teknik).

Beberapa manfaat mengikuti pelatihan jarak jauh (distance learning) Bidang konstruksi melalu SIBIMA yaitu sebagai berikut :

  • Menjadi prasyarat untuk di dapat dilaksanakannya sertifikasi kompetensi bagi lulusan S1, D4, dan D3 yang baru lulus (SE-LPJKN nomor : 04/SE/LPJK-N/II/2015)
  • Peserta mendapatkan modul pelatihan yang di download secara gratis. Modul Pelatihan yang berisi panduan dan latihan-latihan setiap sesi nya.
  • Pelatihan ini serata dengan pembelajaran mandiri versi LPJK dengan nilai satuan kredit pengembangan keprofesian (SKPK) maksimal 25/kegiatan. Hal ini sangat bermanfaat untuk para ahli muda/madya yang sedang mengumpulkan poin kenaikan tingkat dari muda ke madya atau dari madya ke utama (Perlem LPJKn Nomer 13 Tahun 2014)
  • Waktu yang lebih fleksibel bagi para sarjana teknik yang telah bekerja, sehingga pembelajaran dapat di lakukan di waktu luang dan tidak menyita waktu di jam kerja  hal ini selaras dengan kursus online yang pernah saya ikut (referensi tulisan saya -klik sini)

Acara di lanjutkan dgn mendaftarkan akun di website sibima.pu.go.id. Dari user- interface yang di sajikan cukup mudah dan banyak menu-menu yg membuat tampilan menjadi menarik. Langkah- langkah utk mendaftarkan diri mudah di ikuti. Setelah mendaftarkan diri, kita harus memilih pelatihan yang kita inginkan. Di menu daftar pelatihan, memerlukan access code yang hanya di berikan kepada peserta yang telah mendaftar di panitia pelaksana. Langkah ini setelah mendapat access code dari panitia, module pelatihan tersebut dapat di download dan berisi ujian setiap sesi. Ujian ini berisi soal-soal multiple-choice, di akhir sesi ujian akan di nilai dan sertifikat akan di terbitkan online.

salah satu menu interface di website sibima.pu.go.id (dokpri)
salah satu menu interface di website sibima.pu.go.id (dokpri)
Sistem penilaian di ujian SIBIMA :
  • Nilai A = 100,00 -- 85,00
  • Nilai B = 84,99   - 70,00
  • Nilai C = 69,99   -  56,00
  • Nilai D = 55,99   - 45, 00
  • Nilai E = 44,99  -  0,00

Setelah menyelesaikan sesi ujian SIBIMA dan mendapat sertifikat kelulusan, peserta akan di jadwalkan untuk menghadiri Assessment tatap muka yang akan di tentukan oleh panitia. Kesepakatan dari peserta pelatihan SIBIMA dan panitia, 3 minggu setelah acara pelatihan ini yaitu tanggal 16 oktober pelatihan berakhir dan minggu berikutnya di jadwalkan untuk Assesment bagi peserta yang telah lulus dari SIBIMA.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2