Prastiwo Anggoro
Prastiwo Anggoro Karyawan swasta

SARJANA TEKNIK SIPIL

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

Menggubah Kapal Tahun 1914 Menjadi Hotel "Masterpiece" Tingkat Dunia

11 Juli 2018   21:24 Diperbarui: 12 Juli 2018   18:03 1690 1 0
Menggubah Kapal Tahun 1914 Menjadi Hotel "Masterpiece" Tingkat Dunia
MV doulos phos

MV Doulos Phos ialah nama yang disandang oleh kapal ini, sebelum ia mengakhiri perjalanan panjangnya di tahun 2009. Kapal dengan berat 6.818 GRT yang selesai dikonstruksi pada tahun 1914 oleh Newport News ShipBuilding and Drydock Company /ini telah menjelajahi samudera dunia dengan mengunjungi 293 kota dan 103 negara. Kapal ini tercatat di Guiness Book of Record sebagai kapal penumpang tertua di dunia yang masih aktif (1914 s/d 2009).

Sekarang, BizNaz Resources Internationl Pte Ltd sebagai pemilik baru kapal, telah memutuskan untuk menjadikan MV Doulos Phos menjadi hotel bintang 5 di darat (onshore). Dan Perusahaan kami mendapat kontrak sebagai subcon Mechanical HVAC untuk Plumbing and Sanitary serta Fire Protection System.

Ini merupakan sebuah tantangan menarik bagi kami. Kami harus mengadopsi sistem konstruksi ME, HVAC, plumbing & sanitary serta fire protection ke konstruksi kapal yang telah berusia 100 tahun. Setelah mempelajari drawing dan technical specification (TS) yang dibuat oleh konsultan perencana yaitu Mc Connell Dowell Singapore, ada beberapa hal yang menjadi perhatian dalam konstruksi, yaitu sebagai berikut:

1. Code of Standards

  • Dikarenakan konsultan perencana berada di Singapura sedangkan konstruksinya dilakukan di Indonesia, maka standar dan peraturan yang tertuang dalam TS banyak berkiblat ke Singapore Code (SS553 Air Conditioning and Mechanical Ventilation in Buildings) dan British Code (dikarenakan Singapura merupakan negara Commonwealth sehingga pakem hukumnya merupakan hukum dari negara Inggris).

  • Contohnya ialah seperti BS 5750 Quality systems for design and manufacture of fans. Meski demikian di TS juga di muat peraturan Indonesia akan tetapi secara general tidak spesifik kepada sebuah kode.

salah satu pasal dalam Technical spesification
salah satu pasal dalam Technical spesification
2. Konstruksi yang berusia 100 tahun

  • Dalam ilmu material dan metalurgi, proses campuran material baja untuk menjadi sebuah profil baja saat ini mendekati kesempurnaan dalam artian antara komposisi bahan yang digunakan serta kekuatan yang dihasilkan dapat dihitung dan dianalisis.

  • Akan tetapi pada tahun 1913 ke 1914 saat kapal tersebut dikonstruksi, tentu saja komposisi yang digunakan berbeda. Hal ini dapat dilihat dengan komposisi profil baja yang digunakan serta tensile strength-nya saat kami membuat lubang coaming. Diperlukan teknik memotong yang tepat sehingga tidak mempengaruhi kekuatan dari struktur kapal secara keseluruhan.

3. Meleburkan antara rekayasa teknik modern ke dalam struktur klasik

  • Selama 100 tahun setelah kapal setelah dikonstruksi, kemajuan di bidang rekayasa teknik sangat pesat. Berbagai standar serta kode dimunculkan untuk memenuhi standardisasi yang diakui secara dunia.

  • Akan tetapi di karenakan proyek ini di kerjakan dalam kapal yang telah berusia 100 tahun lebih (struktur klasik), akan lebih sulit untuk menerapkan standar hotel bintang 5 modern. Diperlukan pencermatan yang matang di construction drawing, lokasi yang akan di pasang serta pengetahuan teknik akan sistem yang akan berfungsi nantinya.
    meeting dengan stakeholders
    meeting dengan stakeholders

Alhamdulillah progress telah berlangsung satu tahun (Agustus 2018), progress telah mencapai 80%, mudah-mudahan dengan kerja sama yag baik antara klien dan para stakeholder dapat mewujudkan kenangan yang mendunia menjadi sebuah masterpiece di Pulau Bintan, Kepulauan Riau Indonesia.

Mengubah Sebuah Kenangan Menjadi Masterpiece
Mengubah Sebuah Kenangan Menjadi Masterpiece