Mohon tunggu...
AA PRASOJO
AA PRASOJO Mohon Tunggu... Fasilitator Pendidikan

Menikmati setiap hal, dan mensyukuri setiap perjalanan.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Asyiknya Menjadi Relawan Fasilitator Kelas Inspirasi

6 Februari 2019   04:37 Diperbarui: 6 Februari 2019   09:21 0 1 0 Mohon Tunggu...
Asyiknya Menjadi Relawan Fasilitator Kelas Inspirasi
Penulis saat menjadi relawan fasilitator di SDN Cilumping Dayeuhluhur. Dokpri

Kelas Inspirasi adalah kegiatan positif yang sudah tidak asing bagi anak muda, terutama generasi millennials yang fokus pada pendidikan. Kelas inspirasi adalah turunan dari Indonesia Mengajar (IM). 

Hal ini terjadi karena kolaborasi antara relawan IM dengan para profesional dari berbagai latar belakang agar dapat tetap berkontribusi maka dibuatlah Kelas inspirasi. Kelas inspirasi pertama kali diadakan di Jakarta yaitu pada tanggal 25 April 2012 di 25 lokasi SD di Jakarta.

Tentunya para profesional ini ahli dibidangnya, sehingga dapat berbagi inspirasi tentang profesinya sebagai gambaran dan edukasi mengenai cita-cita anak. Merekalah yang disebut sebagai Relawan Pengajar. 

Relawan pengajar tidak bergerak sendiri, mereka ditemani oleh relawan panitia lokal (panlok) baik dari relawan acara, mercendise, dokumentator, dan fasilitator. Disini penulis akan memfokuskan pada Relawan Fasilitator.

Penulis saat menjadi relawan fasilitator SDN Kokap Kulonprogo. Dokpri
Penulis saat menjadi relawan fasilitator SDN Kokap Kulonprogo. Dokpri
Dalam KBBI Kemdikbud dan online, Fasilitator adalah: orang yang menyediakan fasilitas; penyedia: di dalam konsep belajar mandiri, guru dan sekolah tidak lagi menjadi titik pusat kegiatan, tetapi lebih bersifat sebagai pendukung dan fasilitator kebutuhan murid. 

Senada Penulis mendefinisikan fasilitator di Kelas Inspirasi adalah: Relawan yang bertugas menjembatani dan mengkomunikasikan, antara relawan panlok, relawan pengajar dan pihak sekolah. Baik mengenai penempatan sekolah, informasi sekolah (gambaran sekolah, lokasi, Jam pelajaran, potensi siswa, jumlah siswa), lesson plan (rencana pengajaran) dll, sehingga dapat tercapai tujuan inspirasi yang memberikan gambaran kepada anak-anak tentang banyaknya pilihan cita-cita.

Relawan Fasilitator juga mempunyai tugas lain sebagai time keeper, yang nantinya menjadi pengelola dan pemberi sinyal pada relawan pengajar apakah kurang 10 menit, 5 menit atau waktu habis. Kenapa perlu time keeper karena biasanya jumlah relawan inspirator dibagi jumlah kelas kemudian setiap relawan dapat masuk ke setiap kelas yang dibagi, biasanya perkelas 2-4 relawan yang masuk kelas bergantian dengan rentang waktu dari pukul 07.25 sampai 11.00 Wib.

Dengan berpengang pada nilai dasar KI yaitu sukarela, bebas kepentingan, tanpa biaya, siap belajar, ikut ambil  bagian langsung, siap bersilaturahmi, dan tulus. Kelas Inspirasi dapat berjalan dengan tujuan pendidikan yang baik, sehingga inspirasi yang diberikan kepada anak-anak tulus. 

Relawan fasilitator menjaga nilai dasar KI agar tetap berjalan dengan lancar, sehingga tidak sampai kecolongan adanya relawan pengajar lain yang menyusupkan nama sponsor dkk. 

Asiknya menjadi relawan fasilitator di kelas inspirasi adalah banyaknya manfaat yang dapat dipetik menjadi seorang relawan fasilitator dalam kelas inspirasi seperti: 1. Belajar manajemen teamwork dan timekeeper. 2. Melatih ilmu komunikasi. 3. Membangun jejaring dengan menambah teman dan silaturahmi. 4. Menjaga semangat kerelawanan. 5. Menambah pengalaman berkomunitas dan kerelawanan.

Jadi... Ayo bergabung menjadi Relawan Kelas Inspirasi di tempatmu...

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x