Mohon tunggu...
Eko Prasetyo
Eko Prasetyo Mohon Tunggu...

Hingga Januari 2015, penggemar wedang kopi ini baru menulis 30 buku. Kini ia melanjutkan sekolah di Pascasarjana Unitomo Surabaya. Alasan utamanya kuliah S-2 adalah menghindari omelan istri.

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

Pojok Bahasa: Dipungkiri atau Dimungkiri?

9 April 2012   23:01 Diperbarui: 25 Juni 2015   06:49 3508 1 0 Mohon Tunggu...

Ketika mengedit artikel opini, baik dari kalangan akademisi, politikus, sastrawan, maupun pembaca umum, jamak saya temui frasa "tidak bisa dipungkiri". Contoh kalimat yang saya temui sebagai berikut.

1. Tak bisa dipungkiri, sepak bola nasional masih jauh dari prestasi membanggakan.

2. Tak bisa dipungkiri, pungutan liar masih menghantui dalam proses pengangkatan tenaga honorer daerah.

3. Tak bisa dipungkiri, budaya membaca di Indonesia belum bisa dikatakan menggembirakan.



Seorang pembaca mengirimkan pertanyaan melalui surat elektronik (surel) kepada saya. "Mana yang betul, dipungkiri atau dimungkiri?" tanya si pembaca yang berprofesi sebagai dosen tersebut.

Berdasar Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), memang terdapat kata dasar pungkir. Namun, tidak terdapat penjelasan di situ. Untuk memberikan keterangan lebih lanjut, KBBI mengarahkan kata pungkir ke mungkir.

Baru ada penjelasan di sana sebagai berikut.

mung·kir v 1 tidak mengaku(i); tidak mengiakan: ia tetap -- atas tuduhan yg ditimpakan kepadanya; 2 tidak setia; tidak menepati (janji); menolak; menyangkal: -- akan janjinya;
me·mung·kiri v 1 mengingkari; tidak membenarkan: kita tidak - bahwa perjuangan memerlukan pengorbanan; 2 tidak mau mengakui; menolak (tuduhan); tidak menepati (janji): - janji; - tuduhan; 3 menjauhkan diri dr: - perbuatan yg kurang baik

Dari pemaparan berdasar KBBI di atas, dapat diketahui bahwa kata mungkir termasuk kelas kata verba (kata kerja). Berdasar penjelasan tersebut, frasa "tak bisa dipungkiri" adalah tidak baku. Penggantinya yang tepat adalah frasa "tak bisa dimungkiri" yang bermakna tak bisa disangkal.

Sidoarjo, 10 April 2012

Sumber: KBBI





VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x