Mohon tunggu...
Joni Prasetyo
Joni Prasetyo Mohon Tunggu... Freelancer - Desainer Grafis dan Ilustrator

Hi! Perkenalkan saya adalah seorang desainer grafis dan ilustrator, saya berasal dari kota Malang Jawa Timur Hobi saya adalah menggambar, membaca komik/artikel, dan saya juga suka menulis karangan cerita untuk komik.

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Solusi Mengatasi Rasa Insecure dan Ketahui Penyebabnya

17 November 2022   22:28 Diperbarui: 17 November 2022   23:12 101
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: istockphoto.com

Mengatasi Rasa Insecure

Apakah kamu termasuk orang yang suka insecure ketika ingin berinteraksi sama orang lain? sehingga kamu menduga-duga bahwa seseorang itu nggak suka sama kamu, padahal kalian tuh baru ketemu, atau pernah nggak, merasa gak pede sama diri sendiri sampai berfikiran "Kayaknya nggak mungkin nih ada orang yang bisa menerimaku secara tulus".

Nah perilaku dan pemikiran yang aku sebutin barusan itu bisa jadi dampak negatif bagi diri kalian sendiri, beberapa diantaranya ya bisa jadi kita merasa bahwa kita tuh gak bisa jadi diri kita sendiri pas lagi berinteraksi sosial dengan orang lain, dan kemungkinan kita juga menganggap diri kita tuh nggak layak buat interaksi dan berhubungan sosial yang positif, dan kita juga merasa bahwa kita cuman layak buat nerima penolakan dari orang lain. 

Kalau kamu suka merasa insecure seperti yang aku sebutin barusan maka jangan khawatir, kamu ada di artikel yang tepat banget, karena di artikel ini aku akan membahas Apa penyebabnya dan gimana supaya kamu bisa berinteraksi tanpa rasa insecure.

1. Pengertian dari "Insecure"

Pertama-tama apa sih yang dimaksud dengan yang "insecure" secara umum? Insecure Adalah perasaan gak cukup baik, kurang percaya diri disertai juga dengan rasa cemas terhadap kemampuan mencapai sebuah tujuan. Ketika kamu lagi merasa insecure biasanya di pikiran kamu akan ada percakapan yang negatif dengan diri sendiri misalnya "Kenapa sih aku jelek banget nggak mungkinlah gue bisa ngelakuin itu" atau "Pasti gue ga akan diterima" dan lain sebagainya.

Jadi ini tuh sebenarnya mungkin cuman asumsi kamu doang. Nah pemikiran ini membuat lo insecure ketika berinteraksi sama orang lain yang mana malah menimbulkan dampak buruk juga buat diri kamu sendiri dan buat orang lain. Jadinya kamu ngerasa nggak bisa terbuka semua orang dan orang lain juga harus selalu meyakinkanmu supaya rasa gak pede mu bisa berkurang.

Wel, insecure ini biasanya berasal dari emosi takut atau cemas. Biasanya kita akan cemas sama hal yang kita asumsikan bakalan terjadi di masa depan, jadi kecemasan tuh semisal kayak :

  • Takut ditolak
  • Takut dikatain
  • Takut dibully
  • Takut gagal, dan lain sebagainya

Nah gara-gara pikiran ini jadinya kita cenderung enggak pernah merasa kalau diri kita itu udah cukup baik, pokoknya selalu aja ada hal yang salah dari kita. Banyak alasannya, semisal karena faktor keluarga klo bisa tanyain ini sih ke diri sendiri.

  • Apakah keluarga ke support keputusan lho atau enggak
  • Apakah mereka ngedukung lho atau enggak
  • Apakah mereka ngasih bantuan atau enggak dan lain sebagainya

Kalau misalnya jawabannya adalah tidak, mungkin faktor keluarga bisa ngaruh.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun