Mohon tunggu...
Prasetyawidi
Prasetyawidi Mohon Tunggu... Reading a book is my middle name

Love to reading

Selanjutnya

Tutup

Travel

Cek-cek Kendaraan Sebelum Bepergian Jauh

17 Mei 2019   15:10 Diperbarui: 17 Mei 2019   15:13 0 0 1 Mohon Tunggu...
Cek-cek Kendaraan Sebelum Bepergian Jauh
Sumber https://www.shutterstock.com 

Hari raya yang ditunggu sebentar lagi akan datang, tentu sudah banyak yang dipersiapkan untuk menyambutnya. Mungkin juga ada beberapa orang yang sudah bersiap-siap akan pulang kampung atau mudik, tiket kereta, bus atau pesawat sudah ada di tangan. Nggak sedikit juga yang memilih mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi, oleh sebab itu nggak ada salahnya juga untuk mempersiapkan kendaraan tersebut untuk mudik mulai dari saat ini. Lalu apa-apa saja yang sebaiknya dicek sebelum bepergian jauh sih?

Filter dan selang bensin

Penting dong yang satu ini, apalagi bensin adalah 'minum' yang wajib dikonsumsi oleh kendaraanmu. Memastikan selang bahan bakar nggak retak atau bocor, filter nggak tersumbat adalah wajib. Selain itu pastikan juga memilih bahan bakar yang tepat, yang memiliki teknologi di mana bisa mengurangi endapan sehingga performa dan efisiensinya terjaga. Kalau ke bengkel dan rajin cek kendaraan berkala, pasti juga keadaan filter bensin bersih, namun dicek nggak ada salahnya lho!

Oli mesin

Pastikan volumenya pas, cukup serta berada di garis yang tepat. Jangan sampai kurang, serta pastikan juga kilometer pemakaian oli apakah cukup dengan jarak yang nantinya akan ditempuh selama mudik, pun nanti untuk kembali lagi ibukota.

Rem

Cek level rem, pastikan batas levelnya ada di kondisi normal, pastikan tidak ada kebocoran. Cek sistem, rem, cek apakah ada basah di bagian dalam velg dan yang paling penting pastikan bahwa rem bekerja dengan baik.

Ban dan lampu

Cek kondisi ban, apakah penampilan fisik dan tekanannya sudah ada di batas yang pas atau belum. Selain itu cek juga kondisi lampu normal, berfungsi dan menyala normal, segeralah diganti kalau terlihat ada masalah.

Wiper

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2