Mohon tunggu...
Nining Prasetyaningtyas
Nining Prasetyaningtyas Mohon Tunggu... Freelancer - Mom Blogger

Mom Blogger yang ingin terus belajar

Selanjutnya

Tutup

Video Ramadan Lebaran Pilihan

Menu Buka Puasa Sederhana ala Nining

17 April 2021   22:30 Diperbarui: 17 April 2021   23:11 916
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tak terasa, hari ini kita memasuki ibadah puasa hari keempat. Dan di Surabaya cuaca hari ini terbilang cukup gerah. Panas matahari  sangat menyengat. Wajarlah bila rasa dahaga semakin menggoyahkan keimanan saya. Namun bagaimanapun kondisi alam yang terjadi,  kita semua harus terus semangat menjalankan ibadah puasa ini hingga akhir. Sepakat? Sambil terus berdoa semoga Allah Yang Maha Kuasa menerima semua amal ibadah kita di bulan puasa ini. Aamiin.

Nah, pada akhirnya waktu berbuka puasa menjadi saat yang paling ditunggu. Terbayang dalam alam pikiran betapa nanti,  saya akan makan ini, makan itu, minum ini, minum itu. Seolah semua makanan yang ada di atas meja,  disantap dengan segera tanpa bersisa. Tetapi faktanya apakah  demikian? Ternyata jauh dari bayangan, teman. Seringnya justru saat berbuka perut seolah terisi penuh, malah terkadang hanya menyantap sedikit makanan,  dan itu pun sudah terasa kenyang. Apakah teman-teman juga merasa demikian?

Berbicara tentang menu buka puasa saya hari ini terbilang cukup sederhana saja. Apa sajakah itu? Yuk, kita lihat.


Kurma 3 Butir.

Kurma 3 butir menjadi satu makanan yang wajib ada di meja makan saya. Tak hanya saat bulan puasa saja, tetapi di hari-hari biasa kurma tetap harus tersedia. Mengapa? Sebab kurma termasuk salah satu jenis buah,  yang sangat baik bagi kesehatan tubuh seperti melancarkan pencernaan. Kurma termasuk jenis makanan dengan cita rasa manis,  yang sangat dianjurkan untuk mengembalikan energi setelah seharian berpuasa. Dan saya juga merasakan bahwa buah kurma ini memberikan efek mengenyangkan lebih lama, sehingga sangat mendukung saya yang sedang mengatur pola makan.

Sayur Sop.

Menu makanan berikutnya,  tadi siang saya memasak sayur sop. Sayur yang terbilang cukup mudah dalam pembuatannya. Tinggal memasukkan sayurannya beserta bumbu yang digunakan untuk pembuatan sop ini. Putri kecil saya juga menyukai sayur sop karena sangat menyegarkan bagi tubuh. Jenis sayurannya pun banyak sehingga lebih mengenyangkan. Bukan rahasia lagi bukan jika mengonsumsi banyak sayur juga  akan membuat daya tahan tubuh meningkat?

Tempe Bumbu Kecap.

Untuk sumber proteinnya saya menghidangkan tempe bumbu kecap. Tempe yang dipotong seukuran dadu. Kemudian ditumis dengan bawang merah, bawang putih saja serta diberi kecap secukupnya. Sederhana dan mudah membuatnya. Diolah dengan cara apapun, bagi saya tempe menjadi lauk pauk terfavorit hingga kini.

Minuman Lemon dan Jahe Hangat.

Minuman lemon yang dicampur dengan jahe hangat,  akhir-akhir ini selalu saya usahakan untuk tersedia di rumah. Maklum saja. Wabah virus Covid 19 yang sangat mengerikan ini, pastinya membuat kita semua harus ekstra hati-hati dalam memelihara kesehatan. Dan dari beberapa referensi yang saya baca menyatakan,  bahwa lemon dan rempah-rempah seperti jahe sangat efektif sebagai penangkal virus. Selain itu minuman ini sangat menyegarkan, memberi sensasi hangat di tubuh dan sangat baik untuk mencegah masuk angin.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Video Ramadan Lebaran Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun